ORARI Lokal Jakarta Selatan Gelar Workshop Digital Mode RTTY, FT8 & FT4

Sabtu 7 maret 2020, Bertempat di Sekretariat ORARI DKI Jakarta Lokal Jakarta Selatan, Club Station ORARI Lokal Jakarta Selatan YHØAC, kembali menggelar Workshop dalam memenuhi kewajiban pembinaan kepada anggota, dengan mengadakan kegiatan Workshop komunikasi radio melalui teknologi digital mode RTTY, FT8 & FT4.

Dalam workshop ini bukan teori yang di berikan melainkan praktek langsung bagaimana cara menginstalasi dan pemakaian software digital yang telah dipilihkan panitia untuk kegiatan ini sehingga kewajiban peserta membawa laptop mutlak di wajibkan sehingga pulang dari kegiatan workshop ini peserta memperoleh pengetahuan dan cara pemakaian software digital komunikasi radio yang sedang berkembang pesat saat ini.

Sesi pertama workshop ini mulai Jam 09.30 – 12.00  adalah materi Mode: RTTY yang dikombinasikan dengan software logger N!MM dan MMVARI dalam komunikasi sehari-hari dan mengikuti kegiatan Contest RTTY, pemateri nya Om Ridwan Saleh (YB0RI ) sekaligus Ketua Orari Lokal Jakarta Selatan.

Sesi Kedua  workshop ini mulai Jam 13.00 – 16.00  adalah materi Mode: FT8 dan FT4  Pematerinya OM Turjiman  (YE0TUR) sekaligus sebagai Kabag Contest Orari Lokal Jakarta Selatan, pada sesi ini semua peserta di berikan kesempatan mencoba praktek langsung komunikasi  dengan callsign sendiri komunikasi dengan Mode Digital FT8, sehingga peserta memiliki pegalaman langsung.

Besarnya animo peserta pada kegiatan ini yang pada awalnya di buat hanya untuk anggota Orari Lokal Jakarta Selatan akhirnya di berikan juga kepada Lokal Lain yang berasal dari Orari Lokal Bogor, Lokal Depok , Lokal Jakarta Timur, Lokal Jakarta Utara dan jumlah peserta total 20 orang  yang terdaftar 10 dari Lokal Jakarta Selatan dan 10 dari Lokal Lainnya.

Seluruh peserta berharap ada pelatihan lain yang sejenis yang di laksanakan lokal-lokal lain, sehingga bisa menambah pengetahuan anggota di bidang amatir radio.

source/foto : https://orari-jaksel.com/2020/03/09/workshop-digi-mode-rtty-ft8-ft4/