LAPAN Resmikan Ruang Anechoic Terbesarnya Untuk Pengujian Satelit

Jumat lalu, badan antariksa Indonesia LAPAN secara resmi membuka kamar anechoic terbesarnya, berukuran 20 x 11 x 9,9 meter, untuk meningkatkan kemampuan pengembangan satelit negara. Kamar ini terletak di Pusat Teknologi Satelit, kantor pusat cabang pengembangan satelit LAPAN, di Bogor, Jawa Barat, dan akan digunakan untuk satelit mulai dari nanosatellite hingga satelit kecil.

Ruang anechoic baru dirancang untuk menyerap gelombang elektromagnetik dalam rentang 100 kHz hingga 40 GHz, dan memiliki langit-langit yang terpasang dengan peredam piramidal untuk mengoptimalkan pengukuran Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC).

Thomas Djamaludin, Kepala LAPAN, mengatakan kamar anechoic adalah bagian dari rencana negara untuk membangun industri luar angkasa, dengan harapan bahwa Indonesia akan mengembangkan sektor ruang komersial.

Bambang Brojonegoro, Menteri Riset dan Teknologi, yang meresmikan fasilitas baru itu, menambahkan bahwa Indonesia berharap industri antariksa akan, dalam waktu dekat, dapat dibandingkan dengan orang-orang seperti India dan Cina, yang memiliki kemampuan untuk membangun dan meluncurkan satelit dan roket sendiri.

Dia menambahkan, “Kami akan segera memiliki pelabuhan ruang angkasa kami sendiri di Pulau Biak, yang akan memfasilitasi peluncuran satelit domestik dan internasional. Semoga suatu hari nanti kita bisa meluncurkan satelit dengan roket asli kita sendiri. ”

source: https://www.spacetechasia.com/indonesia-opens-its-largest-anechoic-chamber-for-satellite-testing/