ORARI Lokal Pacitan Ikuti Pelatihan Relawan Bencana

Bupati Pacitan Indartato secara resmi menutup pelatihan kedaruratan bencana alam yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan pada Ahad (1/3/2020) di kawasan Wisma Atlet Pacitan.

Indartato mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk bekal para relawan kebencanaan sebagai langkah tanggap darurat bencana karena memang “bencana adalah urusan bersama” dan berharap keberlanjutan dari pelatihan relawan kebencanaan di Pacitan tersebut.

“Keberlanjutan pelatihan ini barang tentu menjadi prioritas pemerintah daerah, dan harapan saya kebersamaan yang suda terbangun ini mari kita jaga supaya Pacitan tetap adem, ayem, dan tentrem,” jelasnya.

Selama dua hari, para relawan kebencanaan tersebut digembleng ilmu terkait penyelamatan dalam keadaan bencana. ORARI Lokal Pacitan dalam kegiatan ini mengirim utusan 6 orang anggota sebagai peserta dan 3 orang sebagai peninjau aktif dengan koordinatir Luqman YC3EQN.

Anggota ORARI dalam pelatihan ini berbaur dengan 144 peserta lain dari berbagai unsur ini digelar di dua tempat, yakni kawasan Wisma Atlet dan di kawasan pelabuhan Tamperan, yang dikhususkan untuk materi water rescue.

Bayu YD3AGT sebagai salah satu peserta pelatihan water rescue sangat berkesan dan berharap kegiatan seperti yang dilakukan oleh BPBD Pacitan ini berlanjut untuk meningkatkan kapasitas relawan yang ada. Bayu YD3AGT menambahkan, “Sebagai warga masyarakat yang daerahnya rawan berncana sangat tepat pelatihan seperti water rescue, vertical rescue maupun PPGD secara periodik diadakan untuk potensi relawan bencana, ingat daerah Pacitan adalah daerah rawan bencana”.

Sementara itu Luqman YC3EQN yang mengamati secara langsung kegiatan ini dalam evaluasi singkat di hadapan anggota ORARI Lokal Pacitan yang mengikuti kegiatan ini menyatakan, “pelatihan ini bekal bagi kita dalam menghadapi bencana yang terjadi untuk menolong sesama sebagai Tim SAR jika dibutuhkan sebagai upaya akhir pengurangan risiko bencana, disamping kemampuan kita dalam bidang komunikasi radio pada saat darurat”. [yb3hqm]

#BencanaUrusanBersama.

kontributor berita : Agus Hadi Prabowo YB3HQM