Sistem Radio ARISS Generasi Mendatang Siap Diluncurkan


Amateur Radio on the International Space Station (ARISS) melaporkan bahwa unit penerbangan pertama Interoperable Radio System (IORS) bernomor seri 1001, telah siap dikirimkan ke Johnson Space Center NASA untuk diluncurkan pada awal Maret mendatang. IORS merupakan peningkatan besar dalam sistem peralatan ARISS di International Space Station (ISS), sejak Amatir Radio mendapatkan penempatan permanen di pesawat ISS tahun 2000. Pada bulan Desember 2019 lalu, ARISS menerima persetujuan dari NASA Safety untuk meluncurkan IORS pada SpaceX CRS-20 dan menempatkan sistem radio pada ISS untuk instalasi di masa depan.


“IORS adalah elemen perangkat dasar dari sistem radio ARISS generasi mendatang dan merupakan pencapaian teknik luar biasa oleh tim perangkat keras ARISS,” kata Presiden Internasional ARISS Frank Bauer, KA3HDO. “Pengiriman elemen perangkat dasar pertama ini akan mendukung peningkatan berbagai mode radio yang lebih mudah dan memungkinkan kemampuan baru yang lebih menarik bagi para amatir radio, siswa, dan masyarakat umum.”


Sistem baru ini mencakup radio berdaya lebih tinggi, voice repeater yang disempurnakan, radio paket digital yang diperbarui (APRS) dan kemampuan transmisi SSTV pada segmen stasiun ruang angkasa AS dan Rusia. IORS terdiri dari transceiver Kenwood TM-D710GA yang dimodifikasi khusus dengan catu daya multi-voltase yang dikembangkan AMSAT, dan kabel yang saling terhubung. IORS yang akan diluncurkan pada bulan Maret dan akan dipasang di modul ISS Columbus.


Selanjutnya Bauer mengatakan, unit penerbangan kedua nanti diharapkan akan diluncurkan beberapa waktu kemudian pada tahun ini juga untuk pemasangan di modul Segmen Rusia. Tim perangkat keras ARISS akan merakit empat unit penerbangan untuk pengiriman 10 unit IORS secara keseluruhan, berikut pendukung operasi penerbangan, pelatihan, perencanaan operasi, dan pengujian perangkat keras.

source: http://www.arrl.org/news/ariss-next-generation-radio-system-ready-for-launch