Ngopi Bareng dan Refleksi Akhir Tahun Untuk ORARI Tangguh

Dalam suasana malam pergantuan tahun 2019 ke tahun 2020 ORARI Lokal Pacitan menyelenggarakan acara Ngopi Bareng dan Sambung Roso – Refeksi Akhir Tahun – Untuk ORARI Tangguh di saat pelaksanaan kegiatan Dukungan Komunikasi Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Sebagai ajang silaturahim dan sosialisasi peran penting segenap anggota dan peralatan radio serta kewenangan menggunakan frekuensi radio sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku, terutama untuk anggota baru dan masyarakat yang lain yang hadir.

Di Wilayah Kabupaten Pacitan keberadaan radio komunikasi sangat bermanfaat untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat luas, karena faktor geografis dan wilayah Pacitan sebagian besar wilayahnya saat-saat sekarang ini rawan terjadinya bencana banjir dan longsor. Alhasil, keberadaan anggota ORARI pun masih dianggap strategis, meski alat komunikasi radio yang dimiliki tidak secanggih alat komunikasi lain saat ini semakin canggih.

“Kami berharap kepada seluruh Anggota ORARI untuk menggunakan peralatan radio yang dimiliki digunakan sebaik dan seefisien mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat dan kesejahteraan. Daerah Pacitan adalah daerah rawan bencana anggota ORARI diminta atu tidak bertidak sebagai early warning system (pemberi informasi peringatan dini) di lingkungannya masing-masing akan terjadinya bencana. Maka sloga, kenali bahanya, kenali risikonya, kenali gjala-gejalanya untuk mengurangi risikonya sangat diperlukan, sampaikan informasi dengan berdasar fakta melalui radio,” tutur Ketua ORARI Lokal Pacitan Agus Hadi Prabowo – YB3HQM (31/12).

Selain itu, lanjutnya, seluruh anggota ORARI juga cadangan nasional di bidang komunikasi hendaknya siap menggelar dukungan komunikasi jika diperlukan. Lebih lanjut YB3HQM mengngatkan kembali bagaimana berkomunikasi yang baik dalam mengudara, termasuk juga soal kode etik dan etika dalam berbicara di udara yang juga harus

Dengan diselingi hiburan musik dangdut, hadir dan berkenan memberikan sambutan Camat Pacitan – Joko Putranto yang menyatakan, tidak menyangsikan peran dan keberadaan ORARI di masyarakat melalui radio ketika terjadi bencana. Dikatakannya,”kami berharap pada saatnya ORARI Lokal Pacitan ini, mengajari kami sampai ke perangkat desa bagaimana menggunakan radio komunikasi yang baik ala ORARI, setidaknya calon amatir,”

Acara terus berlanjut sampai pukul 00:00 tanggal 1 Januari 2020, dengan ditandai saling bersalaman di antara seluruh anggota dan undangan yang hadir dengan berharap ORARI di tahun 2020 dan selanjutnya menjadi tangguh dan bermanfaat bagi kemanusiaan.