Memeriahkan Hari Bela Negara Ke 71 Tahun 2019 ORARI Lokal Bukittinggi Gelar Special Call 8A71PDRI

ORARI Lokal Bukittinggi Agam – Kembali tak mengenal lelah, Pengurus Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) Lokal Bukittinggi Agam (YC5ZBB), tahun 2019 ini kembali menggelar kegiatan Special Call dalam rangka menyambut hari bela negara yang ke 71 tahun 2019.

Pengurus ORARI Lokal Bukittinggi, melalu Suhardedi (YC5DDE) yang akrab dipanggil Om Ded selalu koordinator kegiatan ini ini mengatakan “kegiatan spesial call ini jauh – jauh hari sudah direncanakan secara matang oleh pengurus ORARI lokal Bukittinggi dan kegiatan spesial call ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diadakan, dan ini merupakan bentuk nyata kegiatan dari ORARI Lokal Bukittinggi Agam bersama penggiat amatirnya untuk mengenang peristiwa sejarah yang terjadi di kota Bukittinggi dimana kota Bukittinggi pernah menjadi pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, dimana salah satunya peranan radio pemancar YBJ6 merupakan peralatan yang sangat penting dalam perjuangan untuk keutuhan negara Indonesia, untuk mengingat peristiwa tersebut ORARI lokal Bukittinggi mengadakan acara spesial call, dengan callsign 8A71PDRI pada mode band 2 meterband , freq. 145.700 MHz dan dan 40 meterband, freq 7.125 Mhz”.

Hal yang sangat mengembirakan pada kegiatan ini sangat disemangati oleh anggota ORARI dari Lokal Bukittinggi Agam dan Sumatera Barat dan beberapa propinsi tetangga Sumatera Barat yang bisa mendengar kegiatan spesial net Hari Bela Negara yang ke 71 pada mode VHF 2 meter band. Data yang di dapat tim redaksi ORARI Lokal Bukittinggi Agam melalui koordinator kegiatan, peserta yang berpartisipasi sebanyak 100 stasiun amatir. Yang tak kalah semangat nya adalah pengiat amatir pada 40 meter band dari Sumatera Barat, dan penggiat amatir seluruh Indonesia dan beberapa negara sahabat dan mancanegara turut berpartisipasi mengucapkan selamat hari bela negara dengan jumlah 628 stasiun, dimana data tersebut didapat pada pukul 00.00 WIB pada tanggal 19 Desember 2019.

Suhardedi (YC5DDE) juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga sangat di dukung oleh Komandan KODIM 0304 Agam beserta jajaranya juga pemerintah daerah kota Bukittinggi , dimana beberapa hari yang lalu pengurus ORARI lokal Bukittinggi dan Agam telah bersilaturahim dan melaporkan kegiatan tersebut dan hal tersebut sangat disambut gembira oleh KODIM 0304 Agam beserta jajarannya, karena dengan mengingat hari bela negara akan memperkuat keutuhan NKRI. Beliau juga mengatakan ucapan terima kasih kepada pengurus dan anggota ORARI lokal Bukittinggi yang tak mengenal lelah telah meluangkan waktu dan tenaga demi suksesnya kegiatan tersebut.

Ketua ORARI Lokal Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi, S.H (YB5AJO) yang ditemui dalam kesibukannya memonitor kegiatan spesial call ini mengatakan “kegiatan spesial call dalam rangka menyambut hari bela negara yang ke 71 tahun 2019 ini merupakan bentuk nyata bahwa ORARI Lokal Bukittinggi bersama anggotanya selalu siap menjaga keutuhan NKRI melalui pemancar-pemancar radio anggotanya, dan kegiatan ini rutin dilakukan oleh ORARI lokal Bukittinggi Agam dan ini merupakan kegiatan ke dua kalinya dilaksanakan yang didukung oleh KODIM 0304 Agam beserta jajaran, Pemda Bukittinggi, Pengurus ORARI Sumatera Barat, khususnya Pengurus ORARI Lokal Bukittinggi Agam, dan mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut untuk masa masa yang akan datang”.

Sewaktu laporan ini disampaikan tim liputan ORARI Lokal Bukittinggi Agam, Net Control Station 2 meterband dan 40 meterband masih sibuk menerima ucapan selamat hari bela negara dari seluruh penggiat amatir radio dari Lokal Bukittinggi Agam, Sumatera Barat, anggota ORARI di seluruh Indonesia, dan penggiat amatir radio di mancanegara. (YD5ACR)