ORARI Lokal Pacitan Kirim Air Bersih Bagi Warga Kekeringan

ORARI Lokal Pacitan melaksanakan kegiatan sosial dengan mengirimkan Air Bersih Bagi Warga Kekeringan.

Musim kemarau yang berkepanjangan sampai tanggal 10 pertama bulan Desember 2019 ini sudah mulai menimbulkan krisis air bersih di berbagai daerah di Kabupaten Pacitan. Sejak dua bulan terakhir, warga kesulitan air bersih.

Menanggapi persoalan krisis air bersih ini, jajaran ORARI Lokal Pacitan telah mengirimkan tidak kurang dari 20 unit mobil tangki yang berisi air bersih secara bertahap. Pengiriman air bersih ini, langsung di bawah koordinasi Ketua ORARI Lokal Pacitan Agus YB3HQM – bersama pengurus lain.

“Kami sering terima laporan dari amatir radio melalui radio bahwa kelangkaan air bersih terus melanda warga di berbagai daerah akibat belum turunnya hujan di wilayah Kabupaten Pacitan, sehingga bisa dikatakan masyarakat sudah dilanda krisis air bersih akibat kemarau,” ujar Agus YB3HQM. Dengan melalui radio diumumkanlah penggalangan dana dari segenap anggota ORARI Lokal Pacitan, diterimalah donasi dari segenap anggota untuk pendistribusian air bersih bagi warga yang membutuhkan. Dengan slogan Aksi Bersama Untuk Sesama ini juga menerima kepercayaan elemen dan kelompok masyarakat lainnya menitipkan donasinya ke ORARI Lokal Pacitan untuk distribusi air bersih ini.

Dalam pendistribusian air bersih ini menggunakan tanki dari PMI atau BPBD disamping menggunakan pick-up karena lokasi yang sulit tangki air tidak bisa masuk ke lokasi warga.

“Terima kasih atas bantuan dari teman-teman ORARI, kami dan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Tetapi, hari ini ada bantuan air bersih, makanya langsung diserbu,” mengutip suka cita mBah Tugimin dengan membawa empat jerigen ukuran besar ini.

Kegiatan pendistribusian air bersih ini sudah dilakukan oleh ORARI Lokal Pacitan sejak bulan Oktober 2019 lalu, lokasi yang pernah diberikan air bersih adalah wilayah Nawangan, Bandar, Tulakan, Wonogondo, Punung, Pringkuku dan Donorojo. Dengan memperhatikan kondisi geografis dan musim hujan belum juga datang makan program pendistribusian air bersih bagi warga yang membutuhkan akan terus berlangsung.

Demikian kabar dari Pacitan
73

kontributor berita: AGUS HADI PRABOWO YB3HQM