ORARI Sulsel Diharap Mampu Bereksperimen

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Sulawesi Selatan (SULSEL) melaksanakan rapat kerja II (Raker II). Raker dilaksanakan di BP PAUD DIKMAS, Makassar dan membahas sejumlah target organisasi, Minggu (24/11/19).

Dalam kesempatan ini Sekjen ORARI Pusat, Suryo Susilo – YBØJTR berharap banyak kepada ORARI Daerah Sulsel. Salah satunya dengam melakukan pembinaan anggota dengan baik, dan bereksperimen -eksperimen, “Misalnya bereksperimen dalam membuat set up emergency ” imbuh Suryo Susilo.

Rapat Kerja (Raker) Orari Sulsel yang dilaksanakan di BP PAUD DIKMAS, Makassar, Minggu (24/11/2019). foto by wahyu/tribun-timur.com

Sehingga dalam situasi emergency bisa membuat perangkat radio yang bisa mengudara dan juga komunikasi melalui satelit. “Kemudian bagaimana bisa melatih mendapatkan kemampuan mengirim melalui kode morse,” terangnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas 1 Makassar Ir Helmy Wartapane MM. Dalam kesempatan yang sama Helmy berharap Orari Daerah Sulsel bisa terus eksis agar pengeluaran frekuensi dapat lebih tertib dan terkendali.

“Karena masih ada anggota Orari ini yang melakukan hal-hal yang kurang baik di frekuensi sehingga kadang mengganggu frekuensi yang lain. Berbahaya sekali terutama untuk keselamatan penerbangan, keselamatan pelayaran, dan hal-hal lain,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Orari Sulsel, Drs Rusli baso amir-YB8BRZ menambahkan, Orari menghadapi perubahan begitu cepat. Maka dari itu, Orari harus sanggup menyikapi dan mengikuti segala perubahan yang ada.

Di samping itu, Rusli berharap Anggota Orari tak berkurang bahkan seharusnya merekrut anggota-anggota baru. “Seperti kerja sama dengan pramuka, kerja sama dengan Mapala, bekerja sama dengan lembaga-lembaga organisasi lainnya yang memang butuh bantuan komunikasi. Kita ini adalah cadangan komunikasi nasional,” pungkas Rusli.

Rapat kerja II (Raker II) Tahun 2019 yang dilaksanakan di BP PAUD DIKMAS, Makassar ini diikuti oleh 31 ORARI Lokal dari Seluruh Sulawesi Selatan .

source: https://makassar.tribunnews.com/2019/11/24/orari-sulsel-diharap-mampu-bereksperimen