8H74TEL Special Call Dan Emergency Communication Gempa Ambon

8H74TEL SPECIAL CALL WITH EMERGENCY COMMUNICATION

8H74TEL merupakan event special call dalam rangka kegiatan bakti POSTEL KE 47 Tahun 2019.  Kegiatan ini dilaksanakan berawal dari ide Kepala Loka Monitor Spekrum frekuensi radio Ambon Bapak Reinhard Fatunlebit, ST. Kemudian ide tersebut di sampaikan kepada penggiat Amatir radio di kota Ambon.

Kami penggiat Amatir radio yang berada di kota ambon yang adalah anggota Amatir radio ORARI lokal kota Ambon  berkonsultasi dengan Teman teman di Loka, maka di buatlah sebuah acara dalam memperingati hari bakti Postel yaitu :

  1. Speccial Call 8H74TEL.
  2. Workshop tentang Amatir Radio dan Kegiatannya.
  3. Pameran Peralatan Amatir Radio dari masa ke masa.

Kegiatan di jadwalkan berlangsung di Kator SFR Ambon pada tanggal 26 -27 September 2019.

Dengan Undangan terbuka bagi komunitas Amatir Radio, RAPI, ORARI, SAR, BPBD dan Dinas Kom Info Propinsi Maluku

Setelah berkoordinsai dengan ORARI PUSAT, ORARI Daerah, ORARI Lokal, dan teman teman MDXDMC, Serta teman – teman dari PUSTEKSAT – LAPAN, maka kegiatan di dipastikan di mulai tanggal 26 September 2019 pada Jam 09:00 WIT.

Pada Saat Persiapan Pembukaan Acara Pembukaan dimana para Tamu dan Undangan mulai berdatangan terjadi Gempa magnitudo 6,8 mengguncang Ambon, Maluku pada Kamis pagi, 26 September 2019. BMKG mencatat gempa besar ini terjadi sekitar pukul 06.46 WIB atau 08.46 WIT. Menurut BMKG, lokasi pusat gempa ada pada koordinat 3.38 LS dan 128.43 BT, tepatnya sekitar 40 kilometer arah Timur Laut Ambon atau di daratan pulau Seram. Ini mengakibatkan Kegiatan kami sedikit terganggu, akan tetapi kami sepakat untuk tetap di jalankan.

Perjalanan kegiatan kami tidak mulus dan tidak focus karena kota ambon dan sekitarnya terjadi kerusakan dan gelombang manusia yang bergerak menuju pegunungan disebabkan takut terjadi Tsunami,  Syukur tidak terjadi Tsunami hanya kerusakan hebat di beberapa Desa di bagian pulau Ambon, pulau Seram dan pulau Haruku.

Setelah beberapa saat Gempa selesai, Acara Pembukaan dimulai di tandai dengan QSO Perdana antara Station 8H74TEL yang di operasikan oleh kepala dinas Infokom Propinsi Maluku dengan YB9OBQ  Op. Ibu Lodia, yang berada pada Kupang pada Frekwensi 7.125.0 MHZ. disaksikan oleh Wakil dari BNPB Dan para tamu serta undangan.

Selesai Acara pembukaan kegiatan Special Call dan Workshop, para tamu dan undangan melanjutkan dengan sneck bersama, Disaat itulah para Operator 8H74TEL yang di pimpin oleh Saudara Jacob Sihasale YB8XM, membagi tugas sesuai dengan kondisi terakhir,  dimana teman- teman menjalankan tugas sebagai operator special call, workshop juga menjalankan KOMUNIKASI DARURAT,  Dimana untuk komunikasi Dengan Satelit LAPAN A2/ORARI diserahkan kepada YC8VFB Saudara Fransiscus Badmas, dan pada Ferkwensi 2 Meter Band diserahkan Kepada YC8VDT Saudara D. Kastanya  sementra YB8VRA, YB8XOB, YB8VRS, YB8VSR dan YC8YAY bekerja pada frekwansi yang telah di sepakati untuk Special call. Bersama teman lainnya Workshop dan kelengkapan lain di tangani YB8VCC saudara J. Leatemia bersama Teman teman dari SFR Ambon.

Gempa terjadi terus menerus pada menit demi menit, REKAN REKAN Lapan Menambahkan pass VR Uuntuk Komunikasi darurat, dan setiap pass di laporkan oleh rekan kami YC8VFB dengan mengambil data dari pihak terkait.

Kejadian ini berlangsung Hingga tanggal 27 September 2019 Jam 09:00 Wit Pagi Hari , dimana dengan makin banyaknya getaran gempa susulan, maka kita harus menutup acara dengan perasaan tidak karuan kerena masing masing keluarga kami juga butuh perhatian lebih dan ada yang harus di evakuasi.

Setelah di tutup, Kami melakukan pembongkaran Station HF pada siang hingga sore hari, dengan tetap memperhatikan kondisi Daerah.

Demikian sekilas tentang 8H74TEL yang mengudara sambil melayani Komunikasi Darurat  baik tingkat lokal maupun Dengan menggunakan Satelit.

Semoga Gempa bumi cepat berlalu,

Bravo ORARI

Bravo LAPAN dengan satelit A2 nya.

Team 8H74TEL SPECIAL CALL