Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN- A2/ LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam

Hai sobat satelit!
Ada kabar gembira nih!!!
Bagi sobat yang ingin tau cara berkomunikasi dengan menggunakan satelit amatir, Pusteksat kembali menggelar “Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN- A2/ LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam”


Jadi tunggu apalagi. Tempat terbatas, segera daftarkan diri anda dan ajak teman-teman yang lainnya ya!!!


Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis lho…
Pendaftaran dapat melalui link berikut: bit.ly/lapansat

Pusat Teknologi Satelit kembali mengelar “Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN- A2/ LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam”

About this Event

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) memiliki tiga satelit yang sudah mengangkasa, di antaranya Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat yang diluncurkan pada 2007, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang diluncurkan pada 2015 dan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang diluncurkan pada 2016. Ketiga satelit tersebut telah memberikan banyak manfaat seperti pemantauan kapal laut, pengamatan vegetasi, komunikasi kebencanaan maupun penelitian.

Guna memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, Pusteksat akan menggelar “Bimbingan Teknis (Bimtek) Komunikasi melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI menggunakan Radio Genggam”. Rencananya Bimtek ini diselenggarakan pada 28 September 2019.

Bimtek Komunikasi ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi satelit kepada masyarakat. Khususnya mengenai sistem komunikasi nirkabel melalui satelit sebagai sarana komunikasi alternatif ketika terjadi bencana. Sistem komunikasi nirkabel ini bisa digunakan oleh masyarakat umum karena penggunaannya yang praktis, mudah dan ekonomis.

Selain itu kegiatan ini menjadi ajang implementasi gelombang radio dan frekuensi. Apa saja yang akan dipelajari? Nanti peserta akan mendapat materi tentang sejarah teknologi satelit. Peserta juga akan diberikan pemahaman tentang cara merakit antena untuk komunikasi kebencanaan menggunakan radio genggam melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN–ORARI atau yang disebut IO-86.

Peserta akan mendapat pemahaman tentang cara berkomunikasi dengan menggunakan satelit amatircara menggerakkan antena sesuai dengan pergerakan satelitcara melihat jadwal satelit, dsb. Untuk mempelajari hal-hal diatas, Pusteksat mengundang berbagai narasumber yang berkompeten dan memiliki jam terbang tinggi.

Jadi tunggu apalagi. Segera daftarkan diri anda dan ajak teman-teman untuk mengikuti “Bimbingan Teknis (Bimtek) Komunikasi melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI menggunakan Radio Genggam”!

Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis lho…

Sampai jumpa di Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN- A2/ LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam