Wawali Jaya Negara Lepas Jalan Santai Serangkaian Dear Festival 2019

Penutupan Festival Minggu (25/8/2019), ini dikemas dalam berbagai kegiatan yang salah-satunya adalah Jalan Santai yang dilepas secara resmi Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara. (foto:Humas Pemkot Denpasar)

Wawali Jaya Negara Lepas Jalan Santai Serangkaian Dear Festival

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Denpasar menggelar Dear Festival (Denpasar Amatir Radio Festival) 2019, dari tanggal 23 hingga 25 Agustus di Lapangan Kapten Japa Desa Kertalangu Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Jaya Negara memberikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Orari atas terselenggaranya Dear Festival ini.

Menurut Jaya Negara kegiatan ini dapat menyatukan berbagai kalangan mulai dari komunitas Orari dan komunitas lainnya yang ada di Kota Denpasar.

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan, Kota Denpasar merupakan tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun domestik. Sehingga sebagai tujuan wisata sangat membutuhkan keamanan.

“Dengan adanya kegiatan Dear Festival ini akan sangat membantu berbagi pihak dan dapat menjaga keamanan di Kota Denpasar,” ungkap Jaya Negara.

Sementara itu Ketua Orari Lokal Denpasar, Dewa Ketut Parwika (YD9DKP) mengatakan, selain menyambut Hari Kemerdekaan RI, Dear Festival ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi keluarga besar amatir radio seluruh Indonesia.

Mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling besar sehingga dalam kesempatan ini pihaknya juga mendatangkan radio amatir dari luar negeri, di antaranya amatir radio dari Malaysia, Brunei, Singapura dan Negara Jepang.

Tidak hanya itu ia mengatakan dalam Dear Festival diadakan berbagai kegiatan, salah-satunya lomba kode morse, kesiagaan komunikasi darurat (emergency) dan Jalan Santai.

Dilaksanakan jalan santai dalam kegiatan ini, menurut Parwika, agar masyarakat luas, khususnya Denpasar bisa memahami dan mengenal tentang Orari itu sendiri.

Mengingat Orari sebagai Amatir radio yang khusus dalam hal komunikasi akan memberikan informasi paling utama ketika ada kebencanaan.

“Karena ketika bencana tidak akan ada sinyal, sehingga untuk memberikan informasi kepada masyarakat menjadi tugas Orari. Oleh karena itu kegiatan ini sebagai ajang memperkenalkan kepada masyarakat khususnya Kota Denpasar,” ucapnya.

Parwika menambahkan, Dear Festival merupakan kegiatan Orari yang paling besar, bahkan sangat jarang bisa terselenggara karena berbagai hal harus dipersiapkan. Dengan terselenggaranya kegiatan ini pihaknya berharap bisa berkelanjutan.

“Maka dari itu kami mohon agar kegiatan seperti ini Pemkot Denpasar dan berbagai pihak ikut serta memberikan dukungan,’’ ujarnya.

source: https://bali.tribunnews.com/2019/08/25/wawali-jaya-negara-lepas-jalan-santai-serangkaian-dear-festival?page=2.

Editor: Irma Budiarti