Loka Monitor SFR Mamuju Bersama ORARI Daerah Sulawesi Barat Laksanakan UNAR dan Pembekalan UNAR

Bertempat di Hotel Berkah Mamuju Minggu 23 Juni 2019, Loka Monitor Spektrum Frekwensi Radio Mamuju bekerja sama dengan ORARI Daerah Sulawesi Barat laksanakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Tahap I Tahun 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Loka Monitor Spektrum Frekwensi Radio Mamuju Bapak Nikolas, ST. MH. Dalam sambutannya Nikolas menyampaikan bahwa pendaftaran UNAR kali ini sudah wajib melalui aplikasi system sdppi dan pelaksanaan UNAR kedepan akan dilaksanakan menggunakan system computer (CAT), ia menambahkan bisa jadi pelaksanaan UNAR Tahap II yang akan dilaksanakan di Pasangkayu tanggal 17 Nopember 2019 menjadi yang terakhir menggunakan system manual khususnya di wilayah Sulawesi Barat.

Di akhir sambutannya Niko begitu ia disapa sekaligus pamit kepada masyarakat Sulawesi Barat khususnya para amatir radio karena pada bulan Juni ini akan mengakhiri masa tugasnya di Mamuju, ia menyampaikan permohonan maaf sekaligus penghargaan atas kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini antara Loka Monitor SFR Mamuju dengan ORARI Daerah Sulawesi Barat. Selajutnya ia akan memulai tugas baru di Loka Monitor SFR Papua.

Sebelumnya Ketua ORARI Daerah Sulawesi Barat RAKHMAT THAHIR, ST.M.Si.-YE8AA juga memberikan sambutan, ia menyampaikan bahwa kelulusan UNAR menjadi syarat untuk bisa menjadi anggota ORARI. Menurutnya perkembangan Organisasi yang menaungi para amatir Radio ini cukup menggembirakan. Selanjutnya ia menyinggung bahwa UNAR tahun ini diikuti beberapa pejabat di lingkup wilayah Sulawesi Barat diantaranya Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari-YG8HIP yang mengikuti UNAR tingkat Penggalang, ada juga Sekda Mamuju H. Suaib, S.Sos.MM, Sekda Polman H. A. Bebas Manggazali, Wakil Ketua DPR Pasangkayu H. Musawir , Inspektur Kabupaten Mamuju Muhammad Yani, SH. M.Si. dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muhammad Ali Rachman, Staf Ahli Kab. Mamuju Tengah Abd. Radjab Tanrijalling, Camat Mamuju dan Lurah Binanga.

UNAR yang dilaksanakan di Mamuju ini diikuti oleh 55 Peserta 46 diantaranya adalah calon amatir radio yang mengikuti UNAR tingkat siaga dan 9 orang yang akan naik tingkat ke Penggalang berasal dari 6 ORARI Lokal di wilayah ORDA Sulawesi Barat. Sebelum pelaksanaan Ujian dilakukan penandatanganan pakta integritas Keterbukaan Informasi Publik antara kepala Loka Monitor SFR Mamuju dgn ORARI Daerah Sulawesi Barat  masing-masing diwakili oleh Ketua ORARI Daerah Sulawesi Barat  Rahmat Tahir, ST.,M.Si – YE8AA, Kabid Organisasi ORARI Daerah Sulawesi Barat Andi Hilaluddin, SE.,M.Si – YF8HVQ dan Sekretaris ORARI Daerah Sulawesi Barat Sudirman Dahri YE8DWC. Dan Ketua ORARI Lokal Mamuju H. Irwan SP Pababari-YG8HIP.

Sehari sebelumnya pada tanggal 22 Juni 2019 juga dilaksanakan Pembinaan/ Pembekalan UNAR yang dibuka oleh Ketua ORARI Daerah Sulawesi Barat , RAKHMAT THAHIR, ST.M.Si-YE8AA, dengan narasumber dari Loka Monitor SFR Mamuju dan ORARI Daerah Sulawesi Barat.

Materi pembinaan antara lain :

1.Pemahaman nilai nilai Pancasila,
2.Peraturan Radio
3. Bahasa Inggris,
4. Teknik Radio,
5. Tatacara komunikasi Amatir Radio dan Kode Morse,
6. Pembinaan organisasi Amatir Radio. (IK/VI/2019)

Kontribusi Berita : Idham Kadir