Kawal Arus Mudik Dan Balik, ORARI Ikut Siaga Di 6 Pos Tasikmalaya

Petugas Orari Tasikmalaya tengah bertugas di Pos 4 Perempatan Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (08/06/2019) malam. (Foto: Yudi Romansyah/Jabarnews)

Kawal Arus Mudik Dan Balik, Orari Ikut Siaga Di 6 Pos Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) Tasikmalaya, Jawa Barat, bersinergi dengan aparat kepolisian Polres dan Pemkab setempat, membantu memantau arus mudik Lebaran 1440 Hijriah.

“Jumlah total anggota yang kami terjunkan khusus untuk membantu memantau mudik Lebaran kali ini, sebanyak 120 orang dengan charlie alfa,” kata Popo Nugroho (YC1ACC) Ketua Lokal Tasikmalaya, melalui Han Senjaya (YD1BRG) sebagai Kabid oprasi taknis Orari lokal Tasikmalaya, Sabtu (08/06/2019) malam.

Lanjut itu Han mengungkapkan, “Charlie Alfa/CA” ini merupakan istilah yang digunakan oleh para pegiat Orari, yang berarti calon anggota.

Ke-120 personel anggota Orari ini bertugas secara bergantian, memantau laporan dari berbagai daerah khususnya kita di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya Jawa Barat yang dilalui pemudik.

Menurut dia, kegiatan pemantauan arus mudik Lebaran ini, sama dengan kegiatan pengamanan mudik Lebaran yang dilakukan petugas keamanan Polres Tasikmalaya, yakni mulai H-7 hingga H+3 Lebaran besok.

Maka demi turut membantu dan meringankan petugas kepolisian serta petugas lainya yang turut mengawal. Dari 120 anggota kita bagi untuk 6 pos, dibagi 3 jadi rata-rata 6 hingga 7 orang.

“Posko induk dr soekarjo no 50, 1 pos gentong atas, 2 pos polsek raja polah, 3 pos linggajaya, 4 pos perempatan cipasung, 5 pos pertigaan cilangkap manonjaya.” Jelasnya.

Ketika ditanya akan maksud dan tujuan lebih, ia mengatakan, kegiatan ini mutlak hanya untuk kemanusiaan tak ada lebih.

“Intinya kita hanya berniat membatu serta berikan dukungan komunikasi (dukom) lewat pesawat radio, ditambah ini udah rutin digelar.” Bebernya.

Nantinya, sebagai tambahnya, Informasi yang diterima di pos induk selanjutnya disampaikan kepada masing-masing satuan.

“Jika berkaitan dengan kemacetan arus lalu lintas, kami sampaikan ke Satuan Lalu Lintas Polres Kota atau Kabupaten Tasikmalaya dan Dinas Perhubungan, tapi jika berkaitan dengan kecelakaan, atau laporan bencana kami sampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” pungkasnya. (yud)

source: https://jabarnews.com/read/72036/kawal-arus-mudik-dan-balik-orari-ikut-siaga-di-6-pos-tasikmalaya