Turut Berperan Dalam HUT Kota Depok, PUSTEKSAT Raih Penghargaan Dari ORARI

Pusat Teknologi Satelit dengan Call Sign YF1ZQA mendapat penghargaan dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Depok karena turut berperan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kota Depok yang ke-20 pada 27 April 2019. Penghargaan ini diberikan dalam acara Special Event Station Call Sign 7D20Y.

Ketua ORARI Lokal Depok, M Zulkarnain (YC1DXP) menjelaskan, Call Sign 7D20Y merupakan panggilan khusus untuk hari jadi Kota Depok. Melalui Special Event Station Call Sign 7D20Y, Kota Depok mendapat ucapan selamat hari jadi dari berbagai belahan dunia.

“Pusteksat turut berperan karena melalui satelit yang dimilikinya kita bisa menyelenggarakan acara ini,” ucap pria yang akrab disapa Zul saat dihubungi Humas Pusteksat, Jumat (10/5/2019).

Zul mengungkapkan, Special Event Station Call Sign 7D20Y ini diselenggarakan selama dua hari mulai 27 – 28 April 2019. Hasilnya sudah ada ratusan stasiun amatir radio dan amatir satelit yang merespon panggilan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Ini juga bentuk partisipasi kami dalam memasyarakatkan keunggulan dan kemajuan hasil karya anak bangsa yaitu Satelit IO-86 LAPAN (LAPAN A2),” tuturnya.

Special Call ini mengudara pada frekuensi di band amatir 160m, 80m, 40m, 2m dan 70cm dengan menggunakan mode phone atau suara, CW (morse), FT8 (digital) dan slow scan television (SSTV). Selain itu, lanjut Zul, pihaknya mengadakan mode SSTV dengan mengirimkan gambar-gambar ikonik HUT Kota Depok.

“Karena dukungan satelit LAPAN, foto-foto Kota Depok ditransmisikan dan diterima para peminat amatir satelit diberbagai pelosok nusantara dan dunia,” tutupnya.

source:
http://pusteksat.lapan.go.id/subblog/read/2019/436/Turut-Berperan-dalam-HUT-Kota-Depok-Pusteksat-Raih-Penghargaan-dari-ORARI/berita