Ucapan Selamat Hari Jadi Kota Depok Menggema di Udara

Wali Kota Depok Mohammad Idris, Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono bersama ORARI Depok. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Lokal Depok menyelenggarakan Special Event Station dengan Call Sign 7D20Y. Siaran untuk memperingati Hari jadi Kota Depok ke-20 ini, juga terdengar hingga ke mancanegara.

Ketua ORARI Lokal Depok, M Zulkarnain (YC1DXP) mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk sumbangsih ORARI kepada Kota Depok. Yaitu dengan memperkenalkan Depok kepada seluruh masyarakat.

“Call Sign 7D20Y adalah panggilan khusus untuk hari jadi Kota Depok. Di mana nanti, radio amatir di Indonesia dan dunia mengucapkan selamat hari jadi kepada Kota Depok,” katanya, Minggu (28/04/2019).

Dikatakannya, pada hari pertama Sabtu (27/04) pembukaan spesial call dilakukan di Halaman Balai Kota Depok. Sebagai pembuka Wali Kota Depok, Mohammad Idris melakukan panggilan pertama yaitu, ucapan hari jadi Kota Depok. Kemudian disambut ORARI Provinsi Bali, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Event tersebut dilakukan selama 2 hari. Sampai saat ini sudah ratusan stasiun amatir radio dan amatir satelit merespons panggilan, baik dari dalam negeri bahkan luar negeri,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan special call mengudara pada frekuensi di band amatir 160m, 80m, 40m, 2 m dan 70cm dengan menggunakan mode phone/suara, CW (morse), FT8 (digital), dan slow scan television/SSTV melaui Satelit LAPAN-ORARI IO-86. Selain itu, kegiatan ini pula mendapat dukungan Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Karena dukungan LAPAN foto-foto ikonik Kota Depok ditransmisikan dari satelit hasil karya putra-putri Indonesia, dan diterima para peminat amatir satelit di berbagai pelosok Nusantara dan dunia,” katanya.

Dirinya menambahkan ORARI Kota Depok sangat aktif pada berbagai kegiatan. Misalnya saja mempromosikan Kota Depok dan turut membangun generasi muda melalui Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (JOTA-JOTI) bersama Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok.

“Kegiatan kami seperti pemberian materi teknik komunikasi radio, navigasi atau melacak sinyal, tracking satelit dan pemanfaatan kode morse. Semoga Kota Depok tetap jaya dan, Rame-rame Berbudaya, sesuai tema hari jadi tahun ini,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

source: https://www.depok.go.id/29/04/2019/01-berita-depok/ucapan-selamat-hari-jadi-kota-depok-menggema-di-udara?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+depokgoid+%28Situs+Pemerintah+Kota+Depok%29