BIMTEK Komunikasi Satelit LAPANA2/ORARI

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), kembali menyelenggarakan Indonesia Science Day (ISD) dengan mengangkat tema “Mendorong Terciptanya Sumber Daya Iptek Memasuki Era Revolusi Industri 4.0” pada 25-28 April 2019 di Gedung PP-IPTEK TMII, Jakarta

Pada acara ISD 2019 Pusteksat-LAPAN bekerjasama dengan ORARI bekesempatan untuk menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Komunikasi Menggunakan Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI Dengan Radio Genggam” pada 27 April 2019. BIMTEK tersebut diikuti oleh para pelajar tingkat SMA, yaitu SMAN 28 Jakarta dan SMAN 30 Jakarta. Selanjutnya peserta BIMTEK diberikan pemaparan materi mengenai “Pengembangan Satelit di Indonesia” dan “Pengenalan Radio Amatir”

Setelah menerima pemaparan materi peserta mengikuti demo pembuatan antena tracking dan terlibat secara langsung dalam merangkai antena tersebut. Setelah rangkain antena sudah tersusun dan tersambung ke Handy Talky (HT) peserta menuju ke kegiatan puncak yaitu Demo Tracking/Komunikasi Via Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI. Peserta dengan serius dan antusias mengikuti arahan yang diberikan hingga berhasil menerima kontak dari anggota ORARI yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Bogor, Bekasi bahkan terdapat kelompok yang berhasil menerima kontak dari Suranga Nayanajith dengan call sign 4S5SN asal Sri Lanka!


BIMTEK Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan inovasi sebagai suatu solusi dari aksi menyelesaikan masalah bangsa pada umumnya dan komunikasi darurat pada khususnya. Selain itu Pusteksat sebagai #ahlinyasatelitIndonesia berkesempatan mengenalkan teknologi satelit yang dikembangkan dan dibuat sendiri oleh anak bangsa, sehingga para pelajar dapat memahami peran penting satelit untuk Indonesia. Selain itu melaui kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan kecintaan para pelajar untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai generasi emas penerus bangsa.

source: facebook/lapansatelit