Home | Bidang Teknik | FT8 Komunikasi Radio Moda Digital Terbaru
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
FT8 Komunikasi Radio Moda Digital Terbaru

Dikembangkan oleh Steve Franke K9AN dan Joe Taylor K1JT yang kemudian sepakat namanya dilebur menjadi Franke-Taylor, dengan menggunakan format modulasi 8-Frequency Shift Keying jadilah FT8. Uniknya, FT8 memerlukan durasi memancar dan menerima signal hanya masing-masing 15 detik. Lebih singkat seperempat kali dari moda sebelumnya JT65 atau JT9 yang mengambil masa 60 detik setiap kali menjawab atau menerima panggilan.

FT8, Komunikasi Radio Moda Digital Terbaru yang Lagi Booming

 

Saat ini, banyak amatir kita mulai melirik dan menggunakan moda digital atau data yang baru muncul ini. FT8 telah berhasil merebut hati amatir utamanya yang senang bekerja pada moda digital. Saban hari selalu ramai suara khas FT8 bersahut-sahutan di frekuensi radio tempatnya bekerja. Yang menarik dari komunikasi radio dua arah moda digital ini adalah dengan memancar hanya menggunakan lima watt, operatornya sudah bisa komunikasi dalam negeri dan jarak jauh antar negara hingga antar belahan benua. Bahkan dalam propagasi yang buruk pun, signal lemah FT8 masih mampu menembusnya sehingga memungkinkan terjadi QSO dengan baik.

Dikembangkan oleh Steve Franke K9AN dan Joe Taylor K1JT yang kemudian sepakat namanya dilebur menjadi Franke-Taylor, dengan menggunakan format modulasi 8-Frequency Shift Keying jadilah FT8. Uniknya, FT8 memerlukan durasi memancar dan menerima signal hanya masing-masing 15 detik. Lebih singkat seperempat kali dari moda sebelumnya JT65 atau JT9 yang mengambil masa 60 detik setiap kali menjawab atau menerima panggilan. Sehingga menjadi ketertarikan sendiri bagi amatir untuk mencoba menggunakan FT8 karena efesiensi waktu yang diperlukan untuk QSO cukup signifikan.

 

Hal yang mencengangkan yakni impian penggunanya agar log hasil QSO FT8 bisa juga diterima di Log Book on The World atau LoTW. Tak perlu menunggu lama, ternyata betul-betul terealisasi dengan cepat karena LoTW menerima log kontak FT8 secara resmi. Padahal peluncuran FT8 masih dalam tahap beta. Jadilah kontak FT8 resmi digunakan untuk mengklaim award bergengsi amatir dunia seperti DXCC Digital, VUCC, WAS Digital, dan WPX Digital. Bahkan untuk award dalam negeri juga sudah tersedia yang dikeluarkan oleh Indonesian Islands Hunter Grup dengan nama YB-FT8 Award.

 

Jika tertarik mencoba lantas apa yang diperlukan agar bisa berkomunikasi pada FT8? Sebelumnya, mungkin masih ada sebagian amatir yang beranggapan bahwa moda digital komunikasi utamanya menggunakan internet. Oleh karena kita bergelut di dunia amatir radio maka sepatutnya komunikasi yang kita lakukan juga basisnya pada komunikasi radio. FT8 baik memancar maupun menerima tetap menggunakan frekuensi radio. Selain itu, koneksi internet memang dibutuhkan untuk mendukung komunikasi. Jadi garis besarnya, alat yang digunakan untuk bekerja pada moda digital FT8 yaitu radio, komputer, dan digital interface.

 

Untuk radio sebaiknya yang support Computer Aided Transceiver atau CAT yang memungkinkan radio bisa dikendalikan menggunakan komputer. Terdapat port yang menghubungkan ke komputer via digital interface atau CAT. Kemudian, komputer yang diperlukan harus terinstal program FT8 seperti WSJT-X versi 1.8.0 dan program singkronisasi waktu yang bisa diunduh dari internet. Sebelum menggunakan FT8 maka harus terlebih dahulu disingkronkan waktunya. Agar saat menggunakan FT8 petunjuk waktunya semuanya seragam dan bisa di-decode dengan baik oleh FT8. Program yang lain bisa ditambahkan sebagai penunjang dengan menggunakan koneksi internet misalnya untuk mendeteksi siapa saja yang bekerja pada FT8 secara realtime. Yang terakhir yakni digital interface yang fungsinya menerjemahkan kode digital dari komputer untuk dipancarkan melaluli gelombang radio. Begitu pula sebaliknya, menerima sinyal dari radio untuk diterjemahkan menjadi moda digital agar bisa dibaca oleh komputer. Alat ini bisa dibeli dalam bentuk build-up atau rakitan bahkan bisa juga dibuat sendiri.

 

Meskipun FT8 masih dalam tahap pengembangan namun mengingat fitur yang ditawarkan mampu menawan hati sebagian amatir maka tidak salah moda digital komunikasi radio dua arah ini menjadi booming akhir-akhir ini. Mumpung masih hangat, kini giliran Anda pun bisa mencoba sensasinya!

 

Ditulis oleh YC8AO

 

source: https://www.facebook.com/groups/117437355501730/permalink/189914094920722/

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top