Home | Berita | ORARI DKI Jakarta Lokal Jakarta Selatan Beri Pelatihan Komunikasi Radio Di MAPALA UI
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Kegiatan Sosialisasi Peralatan Komunikasi Radio dan tata Cara Berkomunikasi Radio kepada Mahasiswa Pencinta Alam UI (MAPALA UI) Kegiatan Sosialisasi Peralatan Komunikasi Radio dan tata Cara Berkomunikasi Radio kepada Mahasiswa Pencinta Alam UI (MAPALA UI)

ORARINews- Sabtu, 10 November 2018 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan. ORARI DKI Jakarta Lokal Jakarta Selatan mendapat undangan dari Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (MAPALA UI) untuk bisa memberikan pengenalan dan pelatihan mengenai komunikasi radio di Sekretariat MAPALA UI, Jakarta.

Acara ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pengenalan Dasar CORE yang diadakan oleh ORARI Lokal Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, dan yang kebetulan di antara peserta adalah anggota Mahasiswa pencinta alam Universitas Indonesia (MAPALA UI). Atas dasar kegiatan tersebut, maka adik-adik dari MAPALA UI lebih ingin mengetahui peralatan komunikasi radio  yang mereka perlukan dalam kegiatan mereka dan juga tata cara berkomunikasi radio yang baik dan benar ketika mereka sedang melakukan kegiatan sebagai pencinta alam.

 

 

 

Pada kesempatan yang baik ini, Tim dari ORARI DKI Jakarta Lokal Jakarta Selatan yang terdiri dari Ketua Lokal ORARI Lokal Jakarta Selatan OM Eko Cahyono YBØBUJ, Luciana Kintamani YBØLUC, Chasmunandar YCØCAS, Elvin YDØOJM, Abdul Aziz Muzanny YDØRRO, Ade Zaenudin YCØVYG dan juga ada Kang Dedi Junaedi YC1PUW dari ORARI Lokal Cimahi.  Tim ORARI Lokal Jakarta Selatan memberikan materi mengenai Pengenalan Organisasi ORARI, Pengenalan peralatan komunikasi radio dan juga tata cara komunikasi radio dan juga materi mengenai Komunikasi radio pada saat terjadi bencana.

 

 

 

Pada sesi pengenalan peralatan komunikasi radio, materi yang diberikan lebih kepada berbagai alat-alat komunikasi radio yang diperlukan oleh para pencinta alam saat melakukan akivitasnya. Di sesi ini para anggota MAPALA UI terlihat cukup tertarik dengan penjelasan yang diberikan. bahkan mereka tidak malu-malu untuk bertanya mengenai alat-alat komunikasi radio yang diperlukan, mulai dari antena, Handy Trsnceiver (HT) dan Rig.

 

 

 

 

Setelah sesi pengenalan peralatan komunikasi radio, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pengenalan organisasi ORARI. Pada sesi ini, lebih banyak dijelaskan mengenai ORARI dan kegiatan yang ada di ORARI. Dan pada sesi ini juga dilakukan sosialisi mengenai band plan frekuensi yang dipergunakan amatir radio baik yang berlaku di Indonesia dan juga seluruh dunia. Ternyata selama ini adik-adik pencinta alam dari MAPALA UI salah dalam menggunakan frekuensi yang biasa mereka gunakan saat melakukan kegiatan pencinta alam. Dengan adanya sosialisasi mengenai band pland frekuensi amatir radio, mereka menjadi paham dan akan mengikuti aturan yang berlaku dalam penggunaan alat komunikasi yang biasa mereka gunakan.  Pada sesi ini juga mereka diberikan tata cara berkomunikasi yang baik ketika menggunakan alat komunikasi radio seperti HT dan Rig baik dalam keadaan biasa maupun dalam keadaan darurat atau emergency. 

 

 

  

Di sesi akhir kegiatan diadakan simulasi penggunaan alat komunikasi radio dalam keadaan bencana. Di sini adik-adik MAPALA UI sangat antusias dan semangat ketika melakukan simulasi. Pada kegiatan simulasi, diajarkan bagaimana cara mengirimkan berita, mencatat berita dan menerima berita pada saat terjadi bencana. Mereka juga tidak segan-segan bertanya selama kegiatan simulasi, baik mengenai frekuensi yang dipakai saat keadaan darurat atau saat terjadi bencana dan  mengenai siapa yang bisa mereka hubungi saat terjadi keadaan darurat.

 

 

 

 

Pada bagian akhir kegiatan, seluruh peserta merasa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat mengenai pengetahuan alat-alat komunikasi radio dan  tata cara berkomunikasi radio yang akan sangat berguna untuk dipegunakan dalam kegiatan mereka. Bahkan mereka ingin lebih banyak mengetahui tentang dunia amatir radio seperti belajar mencari sinyal (ARDF), morse dan komunikasi radio melalui satelit amatir radio , seperti  satelit Lapan-A2/ORARI (IO86).

 

 sumber : https://jakarta.orari.or.id/news/1571-kerjasama-orari-dki-jakarta-lokal-jakarta-selatan-dengan-mahasiswa-pencinta-alam-universitas-indonesia-mapala-ui.html

 

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top