Home | Berita | Mewakili Syahrul YL, Arfan Tualle Buka MUSLOK Ke-IX ORARI Bulukumba Tahun 2018
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Bupati Bulukumba A Syukri Sappewali (YB 8 BK) dan Ketua Teknik Orda Sulsel (YB8 DKL) Arfan Tualle (kanan) dan ketua Orlok Bulukumba Andi Patudangi Aziz (YB 8 HPA) di seremoni Muslok IX Orari Lokal Bulukumba, sabtu (20/1/2018). Bupati Bulukumba A Syukri Sappewali (YB 8 BK) dan Ketua Teknik Orda Sulsel (YB8 DKL) Arfan Tualle (kanan) dan ketua Orlok Bulukumba Andi Patudangi Aziz (YB 8 HPA) di seremoni Muslok IX Orari Lokal Bulukumba, sabtu (20/1/2018).

TRIBUNTIMUR.COM, BULUKUMBA - Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal Bulukumba, sabtu 20 Januari 2018, menggelar Musyawarah Lokal (Muslok) IX Orari di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

 Katua Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Daerah Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (YB 8 BA) memberi mandat kepada Arfan Tualle (YB 8 DKL) untuk menghadiri forum pengambilan keputusan tertinggi amatir radio resmi Indonesia yang berdiri 50 tahun lalu itu. Arfan adalah Ketua Bidang Operasi dan Teknik Orari Daerah Sulsel. Arfan juga adalah mantan Ketua Orari Lokal Pangkep 2 periode.  

 

“Pak ketua ORDA Sulawesi Selatan masih di Jakarta, mandat diberikan sebagai mekanisme resmi Organisasi,” kata Arfan dalam sambutannya.Bupati Bulukumba M Syukri Sappewali (YB 8 BK) juga hadir sebagai ex officio pembina Orari lokal.

 

 Bupati dua periode dari militer itu, didampingi Ketua Orlok Bulukumba Haji Patudangi Asis (YB8HPA) yang juga anggota DPRD Bulukumba.“Kehadiran bupati relevan dengan tema kita, bersama pemerintah daerah, Orari membangun profesionalisme amatir radio untuk sosial dan kemanusiaan,” kata Patudangi Azis.

 

Dalam etika Orari setiap penyebutan nama resmi selalu menggunakan/mengikutkan call sign atau panggilan resmi yang berupa sandi/kode/alfabet. Yangki Bravo adalah tingkatan sandi tertinggi untuk amatir senior atau Yangki Carli untuk penggalang. Angka 8 di antara status keanggotaan (Yangki Fox, Yangki Delta, Yangki Charli dan Yangki Bravo) adalah call area/wilayah amatir untuk Sulawesi dan Maluku. Organisasi Amatir Radio Indonesia, disingkat ORARI, adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia.

 

Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968 atas dasar Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1967. Hingga tahun 2006, ORARI telah memiliki 31 ORARI Daerah dan 367 ORARI Lokal yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.  Arfan menyebutkan kedepan, Orari Daerah akan mengaktifkan sejumlah rangkaian kegiatan resmi amatir seperti: 

 ARC, Amatir Radio Club, perkumpulan amatir radio biasanya di bawah lokal ORARI.

Contest, kompetisi/pertandingan berkomunikasi radio

DX, komunikasi jarak jauh antar benua

DX-pedition, expedisi / perjalanan ke tempat langka/pulau terpencil & beroperasi dari sana.

Field Day, bekerja di lapangan pada event hari libur dengan peralatan minimal.

Fox Hunting, lomba mencari signal/pemancar gelap.

Net, cek-in / absen secara periodik, biasanya setiap hari pada jam tertentu.

QRP, bekerja dengan daya kecil biasanya sekitar 1-5Watt saja.

QSL Card, pertukaran kartu tanda pernah berkomunikasi

Special Event Station, stasiun yang di operasikan pada acara / event khusus.

CORE (Communication and Rescue) ORARI, adalah program kegiatan yang dikembangkan sebagai bentuk kepedulian ORARI dalam menghadapi situasi kebencanaan, dan kedaruratan yang terjadi.

 

 

source: http://makassar.tribunnews.com/2018/01/20/wakili-syahrul-yl-arfan-tualle-buka-muslok-orari-bulukumba?page=1

 
Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top