Home | Berita | Meski Lebih Kencang, Dampak Dahlia Tak Sebesar Siklon Cempaka
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Meski Lebih Kencang, Dampak Dahlia Tak Sebesar Siklon Cempaka

Siklon dahlia disebutkan tak akan memiliki dampak di daratan seburuk cempaka /dok. CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto.

 

Jakarta, CNN Indonesia -- BMKG /Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika. menyimpulkan potensi bahaya siklon Dahlia tak akan sebesar Cempaka. Hal ini disebabkan karena posisi siklon Dahlia yang lebih jauh dari daratan. 

 

Padahal menurut Ramlan, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca di Jakarta, skala siklon Dahlia sebenarnya lebih besar dari Cempaka. Dari hasil analisis BMKG, kecepatan angin maksimal Dahlia mencapai 120-130 km/jam dengan kecepatan rata-rata 70-80 km/jam.

 

Sementara kecepatan angin Cempaka maksimal yang terekam 'cuma' mencapai 80-90 km/jam dengan kecepatan rata-rata 60-65 km/jam. Perbedaan jumlah energi yang dibawa kedua siklon jadi faktor penentu kecepatannya.

 

 

Lebih besar dampak di laut

 Skala Dahlia lebih besar karena ia lebih banyak mengumpulkan energi di laut yang memiliki massa udara lebih besar ketimbang di daratan. Namun itu pula yang menyebabkan dampak Dahlia di daratan jauh lebih minim ketimbang Cempaka. 

 

Sebelumnya, siklon Cempaka bahkan sempat menghantam wilayah Pacitan yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur.

 

Kendati dampak di daratan lebih kecil ketimbang Cempaka, gelombang laut hal yang harus diwaspadai akibat siklon Dahlia ini. Ramlan menyarankan selama siklon ini berlangsung, masyarkat menghentikan aktivitas melautnya.

 

"Terutama kapal-kapal kecil. Tapi kalau kapal-kapal besar, dengan gelombang 12 meter ya berbahaya juga," tukas Ramlan.

 

 

Kendati demikian, beberapa hari ke depan angin kencang dan gelombang laut tetap terasa di pesisir selatan Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara Barat /NTB.. 

 

Ditemui  terpisah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana /BNPB. juga menyebut bahwa gelombang tinggi itu berpotensi hingga enam meter. "Ancaman lain adalah potensi banjir, longsor, puting beliung," tandas Sutopo, Kapusdatin Humas BNPB, Kamis /30/11.

 

Selain itu diperkirakan juga siklon ini akan memberikan dampak cuaca ekstrem hingga 2-3 hari ke depan.

 

Akan segera luruh

 BMKG juga menyebutkan bahwa siklon Dahlia akan luruh dalam waktu dekat seperti halnya siklon Cempaka.

 "Saat ini masih kuat, sampai tanggal 2 dia akan meluruh kembali, kita selalu pantau. Tapi paling tidak sampai tanggal 3 masih kelihatan," kata Ramlan, Kamis /30/11..

Berdasarkan pantauan satelit Himawari 8, pergerakan siklon Dahlia mengarah ke selatan. Dari posisi semula di selatan Bengkulu, Dahlia mengarah ke timur mendekati Jawa. 

 

Ketika tiba di selatan Ujung Kulon, Dahlia mulai bergerak ke tenggara hingga benar-benar ke selatan, hingga luruh di sekitar barat laut Australia. Menurut Ramlan pergerakan siklon itu wajar. Sebab pergerakan siklon memang menjauhi ekuator. /eks. 

  

source:https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171130142851-199-259234/meski-lebih-kencang-dampak-dahlia-tak-sebesar-siklon-cempaka/

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top