Pancaran Audio Pertama

Dalam sejarah telekomunikasi nama Reginald A Fessenden (1868¬1932) tercatat setidaknya atas tiga prestasi:
1. Transmisi audio lewat radio yang pertama (1900),
2. Transmisi radio dua arah trans-Atlantik yang pertama (1906),
3. Siaran radio broadcast pertama dengan musik dan entertain-ment (1906).


Fessenden yang di awal karirnya sempat magang pada Thomas Alfa Edison, pionir kelistrikan Amerika ini memang brilyan dan banyak menemukan terobosan terutama di bidang perancangan dan pembuat¬an receiver, di antaranya yang terbawa sampai ke era modern adalah konsep heterodyning (pencampuran dua sinyal yang menghasilkan sinyal ketiga yang bisa didengar/audible).

January 1906, dengan pemancar rotary gap-nya, Fessenden berhasil menjalin komunikasi trans-Atlantik dengan mode CW dua arah antara Brant Rock dan Machrihanish di pantai Skotlandia (komunikasi trans¬Atlantik Marconi baru berhasil dengan satu arah).

Fessenden juga menemukan bahwa pancaran CW dengan gelombang sinus yang nyaris murni dan frekwensi yang stabil BISA "ditumpangi" audio, yang merupakan konsep dasar dari pemancar AM,

Pada 21 Desember 1906 konsep ini didemokannya di Brant Rock, di mana Fessenden d samping membuktikan kemungkinan digunakannya mode AM bagi pancaran telephony point-to-point, juga dapat disambungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan media kawat.

Pada malam Natal 1906, Fessenden mengudarakan siaran singkat dari Brant Rock, dimana dia membawakan lagu 0 Holy Night dengan biolanya, dan membacakan beberapa kutipan ayat dari Bibel.

Pada malam tahun baru, program yang sama dilakukan lagi, yang disambut gembira oleh tak terhitung operator radio di kapal-kapal yang dapat menangkap pancaran "hadiah Natal dan Tahun Baru" itu.

ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top