MUNAS V (1991)

MUNAS V, 12 - 15 Mei 1991, Hotel Indonesia, Jakarta PENGURUS ORARI PUSAT MASA BAKTI 1991-1996

DEWAN PENGAWAS DAN PENASEHAT
Ketua            Ir. Moebagyo YBOPMU
Sekretaris        Moektio YBOIM
Wkl sekretaris        H. Samsulbahri YB1DYB
Anggota    Dr. Yos     S. Soejoso YB2SV
            H. Tajuddin Nur YB7HJQ
            Anton Siatiman YC9VTU

PENGURUS
Ketua Umum        Barata YBOAY
Wkl ketua Umum        Soegito YFOAL
Sekjen            Sriwijaya Mertonegoro YBOBNB
Bendahara umum        R. Harjo Santoso YCOPT
Wkl Bendahara        Hasanuddin Hadju YCOYBY

Di awal kepengurusan yang kedua ini Barata dihadapkan pada 2 ( dua ) tugas yang tidak ringan yaitu :
+ mempersiapkan dan melaksanakan the 8th IARU Region III Directors Meeting yang merupakan pertama kalinya terjadi dalam sejarah radio amatir di Indonesia.
+ mempersiapkan dan mengirim utusan amatir radio Indonesia pada WARC 1992 di Terremorenos Spanyol

The 8th IARU Region III Directors Meeting, (8 - 12 October 1991, Hotel Savoy Homann, Bandung)

Delegasi ORARI terdiri dari Soegito YFOAL, Sriwijaya Mertonegoro YBOBNB (Chairman of Plenary meetings), Ben S Samsu YBOEBS, Sunarto YBOUSJ, Barata YBOAY (the Conference Honorary Chairman), serta RJ FX Tumenggung YBOEBT dan A. Muis Tjondro YB1CPT sebagai pengamat.

Konferensi yang dibuka oleh Ir Azwar Anas selaku MenParpostel (a.i.) ini dihadiri 14 organisasi/negara (3 negara absen tapi menunjuk wakil, 5 negara berhalangan hadir dan tidak menunjuk wakil) dari IARU Region serta utusan dari DARC (Jarman) dan CTARL (Taiwan) sebagai koresponden. Dari IARU Head Quarter hadir dua orang pejabat, tiga orang pejabat dari IARU Region I dan dua orang dari IARU Region II. Bertindak sebagai Sekretaris Konferensi adalah Masayosi Fujiyoka JM1UXU, Sekretaris IARU Region III.

Dukungan Pemerintah — dalam hal ini Ditjen POSTEL - diwujudkan melalui Perum Pos dan Giro, yang menerbitkan prangko ORARI bernilai Rp. 300,- serta Sampul Hari Pertama (First Day Cover) sebanyak 2.000.000 lembar, yang ternyata habis terjual dalam waktu 6 hari.

Salah satu proposal yang diajukan ORARI pada sidang ini adalah iuran dibayar dengan US Dollar dengan nilai yang tetap seperti pada saat itu (1991). Pada saat penutupan dua negara mengajukan permohonan untuk menjadi tuan rumah Konferensi berikutnya, yaitu Australia dan Singapura.

WORLD ADMINISTRATIVE RADIO CONFERENCE (WARC) 1992

Pertama kali dalam sejarah radio amatir Indonesia, ORARI diikut sertakan sebagai anggota delegasi Indonesia pada World Administrative Radio Conference di Malaga, Terremorenos - Spanyol pada 3 Februari s/d 3 Maret 1992.

WARC 1992 dihadiri sekitar 1300 orang dari 166 negara anggota Internasional Telecomunication Union (ITU), wakil-wakil dari berbagai organisasi internasional, serta beberapa badan swasta nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai faset dari bidang radio telekomunikasi.

Karena keterbatasan dana, dengan berbekal Surat Tugas dari Sekre¬tariat Negara (Sekneg). ORARI mengutus Ben S Samsu YBOEBS, yang sekali gus bertindak sebagai utusan Republik Indonesia.

WARC 1992 menghasilkan beberapa point sesuai rekomendasi WARC HFBC 1987, WARC MOB 1987 dan WARC 1988 yang antara lain menyangkut :
1.    Batasan baru bagi service satelit di atas 20 GHz
2.    Alokasi gelombang 14,5 sampai 14,8 GHz bagi dinas satelit
3.    Kemungkinan perluasan spektrum bagi transmisi HF seperti rekomendasi nomor 551 (HFBC 1987).

BARATA YBOAY SK/Silent Key

Sejak menjalankan tugas sebagai Ketua Umum ORARI Masa Bakti 1991-1996 (masa bakti ke 2 bagi beliau), kondisi kesehatan Barata terus men urun.
Pada tanggal 24 Maret 1992 jam 20.32 WIB sang Maha Pencipta memanggil Barata YBOAY untuk kembali kepangkuanNya. ORARI dan dunia radio amatir telah kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Soegito YFOAL menjabat sebagai Pjs Ketua Umum ORARI.

Sehubungan dengan wafatnya Barata YBOAY, dilaksanakan rapat DPP dan Pengurus ORPUS pada tanggal 21 April 1992 yang mengukuhkan Soegito YFOAL (saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua umum) untuk menjadi Pjs Ketua Umum ORARI sampai pelksanaan MUNAS VI.

ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top