MUNAS II (1971)

MUNAS II (1971) memilih Marsma TNI/AU (purn) Soewondo YBØAT untuk masa bakti 1971 - 1975.

Jika pada masa bakti Rubiono Kertopati program kerja ORARI Pusat lebih mengarah ke konsolidasi anggota maka pada era Soewondo fokusnya lebih kepada usaha menghidupkan organisasi dan memasyarakatkan radio amatir.

MUNAS II juga mengesyahkan perubahan pada AD/ART, yang merubah sebutan ORARI dari yang semula merupakan singkatan ORGANISASI RADIO AMATIR REPUBLIK INDONESIA menjadi ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA.

Pada tahun 1975 tidak dilaksanakan MUNAS, tapi tetap dilakukan penyempurnaan Pengurus ORARI Pusat (ORPUS) untuk masa bakti 1975-1978, dengan susunan sebagai berikut:

PENGURUS ORARI PUSAT MASA BAKTI 1975-1978
Ketua umum    Soewondo YBØAT
Ketua I    RAJ     Lumenta YBØBY
Ketua II    Muhartono YB1PG
Ketua Ill    Sujono Suparto YB2AU
Sekretaris I    Iskandar YB2GL
Sekretaris II    H R Hasan YBØJC
Bendahara    RK Wankay YBØBW

Di dalam kepengurusan masa bakti 1978-1982 ORARI Pusat yang tetap dipimpin oleh Soewondo YBØAT melanjutkan program kerja yang telah digariskan pada masa bakti kepengurusan yang lalu, antara lain tentang penertiban calon anggota.

ORPUS juga berusaha mencari jalan keluar atas terjadinya di beberapa daerah yang memberi kesempatan kepada calon amatir radio yang ternyata BELUM memenuhi persyaratan sebagai amatir radio yang sah untuk melakukan kegiatan komunikasi melalui di band amatir.

Dengan adanya kerjasama antara ORARI dan Polri tentang penggunaan frekuensi amatir radio oleh Polri, ORPUS kemudian mengadakan pendekatan dengan pimpinan Polri agar semua instruksi Kapoiri yang berhubungan dengan kerjasama ORARI dan Polri dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Pada periode ini mulai banyak pesawat transceiver buatan pabrik beredar di .pasaran, yang dengan mudah bisa didapat oleh siapa saja, termasuk yang tidak berhak menggunakannya dan itu merupakan masalah tersendiri yang harus dapat diatasi oleh ORPUS.

Masalah lain yang dirasakan sangat mengganggu adalah penggunaan frekuensi amatir oleh beberapa "oknum" untuk menjalin komunikasi dengan negara tetangga, terutama dengan Singapura.

Untuk itu ORPUS mendesak pada Pemerintah untuk menghimbau pemerintah negara tetangga agar secara resmi mengajukan keluhan¬keluhan apabila merasa terganggu oleh transmisi amatir radio Indonesia.

Pada era kepemimpinan Soewondo YBOAT ini peranan ORARI di percaturan amatir radio internasional mulai diperhitungkan dengan berhasilnya menyelenggarakan SEANET (South East Asia Net) Convention di YB-land, yaitu di Jakarta (1976) dan Yogyakarta (1982, dengan Jos YB2SV sebagai Chairman).

Terkait dengan SEANET tercatat Linda YB3BDL sebagai salah satu di antara sedikit YL NCS pada Net ini, juga Jos YB2SV beberapa kali menjuarai (sebagai Top Scorer) pada SEANET WORLDWIDE CONTEST yang diadakan tiap tahun (Kuala Lumpur 1975; Bangkok 1977, Singapore 1978, Penang 1979 dan 1984, Yogjakarta 1981).

ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top