Home | Event | CQ Jamboree, JOTA sebentar lagi.
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
CQ Jamboree, JOTA sebentar lagi.

Mungkin sebagian amatir baru mendengar istilah JOTA-JOTI atau sudah pernah menjumpainya tapi terlanjur lupa-lupa ingat. Istilah lengkapnya, JOTA-JOTI atau Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet. Kegiatan ini ada yang berskala nasional dan internasional. Tulisan ini akan mengulas sekelumit JOTA-JOTI Internasional 2017 yang sebentar lagi akan dilaksanakan secara serentak diseluruh dunia yang jatuhnya pada tanggal 20 hingga 22 Oktober 2017. Perhelatan internasional ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan resmi gerakan pramuka terbesar di dunia yang pesertanya diikuti sekitar satu juta orang anggota pramuka segala usia berasal dari 150 negara lebih termasuk Indonesia. Tujuan kegiatan ini yakni mendorong anggota pramuka di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi melalui perangkat radio amatir dan internet di daerahnya masing-masing.

 

Selanjutnya, tulisan ini hanya berbicara terbatas mengenai JOTA dan peluang amatir kita untuk berpartisipasi menyemarakkan kegiatan ini. Pada beberapa kondisi, kegiatan ini akan terlaksana jika anggota gerakan pramuka dapat menggandeng amatir radio sebagai partnernya agar bisa menggunakan perangkat radio komunikasi untuk berhubungan ke sesama peserta JOTA baik di dalam negeri maupun di luar negeri melalui frekuensi radio. Mengingat penggunaan perangkat radio dan frekuensi radio tidak dibenarkan digunakan secara bebas tanpa ada ijin tertentu dari pemerintah karena frekuensi radio merupakan sumber daya yang bernilai strategis. Pelibatan amatir tersebut bisa dihubungi baik secara personal sebagai anggota amatir radio maupun secara organisasi melalui ORARI Lokal atau ORARI Daerah. Untuk melibatkannya tidaklah menjadi masalah karena sudah ada payung piagam kerja sama antara Kwartir Nasional dengan ORARI yang telah lama ditandatangani yakni pada tahun 1997.

 

Stasiun penyerta bisa dari Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Gugus Depan, dan Satuan Karya. Yang menarik, call sign khusus boleh diterbitkan dan diberikan untuk digunakan oleh Kwarda, Kwarcab, dan Saka. Tentunya untuk pengurusan call sign khusus ini, stasiun penyerta tersebut terlebih dahulu harus meminta bantuan ke ORARI Daerah untuk mengajukan permohonan ke Kanwil Kominfo berdasarkan ketentuan yang berlaku. Namun jangan khawatir, bagi Kwarran dan Gudep yang ingin berpartisipasi tetapi tidak menginginkan call sign khusus dapat menggunakan call sign anggota ORARI.

 

Anggota gerakan pramuka yang berasal dari salah satu stasiun penyerta tersebut yang berminat ikut serta dalam JOTA-JOTI Internasional 2017 harus bersedia bekerja sama dengan ORARI Daerah atau ORARI Lokal atau anggota amatir yang masih memiliki Ijin Amatir Radio (IAR) yang berlaku. Begitu pula jika akan memancar melalui ORARI Lokal terlebih dahulu harus diketahui apakah IAR untuk call sign ORARI Lokal tersebut masih berlaku atau sudah kadaluarsa. Jika sudah tidak berlaku lagi sebaiknya tidak memancar dengan menggunakan call sign ORARI Lokal karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai gantinya bisa mencari anggota amatir radio yang memiliki IAR masih berlaku untuk digunakan call signnya dengan menambahkan garis miring dan kata JOTA dibelakan call sign, contoh YC8AO/JOTA.

 

Sebagai acuan saat memancar, band dan frekuensi kerja kegiatan JOTA Internasional menurut web resmi JOTA-JOTI yakni pada High Frequency (HF) baik pada low band maupun high band. Band dan frekuensi kerja diantaranya pada 40 meter band di 7.090 MHz dan 7.190 MHz, 15 meter band pada 21.360 MHz, 20 meter band pada 14.290 MHz, dan 10 meter band pada 28.390 MHz. Juga dialokasikan pada 80 meter band, WARC, dan magic band atau 6 meter band.

 

Sebelum hari pelaksanaan JOTA, ada baiknya jika dilakukan sesi pembekalan yang tidak lain juga menggunakan materi pembinaan kepada anggota amatir radio. Tentunya dengan menyertakan anggota amatir radio pada kegiatan ini sebagai nara sumber sehingga anggota gerakan pramuka akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang bermanfaat dan positif dalam bidang teknik radio seperti pengenalan singkat antena dan pesawat radio beserta fungsinya. Disamping itu, pengalaman mereka juga akan bertambah mengenai cara berbicara di depan radio sesuai prosedure yang berlaku, operating procedure, cara pengisian log sheet manual atau elektronik, dan QSL card.

 

Kegiatan JOTA tentu saja bukan kontes atau special call meskipun ada kemiripannya karena stasiun JOTA juga harus memanggil dan menjawab panggilan ke sesama stasiun JOTA sebanyak-banyaknya, melakukan pertukaran call sign, memberikan report, saling bertukar informasi secara singkat, dan melakukan log atas komunikasi yang dilakukan. Selain itu, kegiatan JOTA juga merupakan salah satu solusi alternatif mencari pelanjut muda calon amatir dengan cara melakukan pembinaan yang terstruktur dengan baik melalui transfer keterampilan yang dilakukan dari anggota amatir ke anggota gerakan pramuka seperti contoh pada sesi pembekalan yang telah disebutkan tadi. Dengan cara seperti ini, generasi amatir yang akan kita dapatkan diharapkan mempunyai integritas sebagai pribadi amatir yang baik dan cara pandang terhadap dunia amatir yang terbuka.

 

Ditulis oleh: Andi Yauri ‘andri’ - YC8AO

source : https://www.facebook.com/groups/117437355501730/permalink/159004044678394/?pnref=story

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top