Home | Event | Amatir Radio SeDunia akhirnya Tahu Kita Merdeka sejak 72 tahun lalu
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Amatir Radio SeDunia akhirnya Tahu Kita Merdeka sejak 72 tahun lalu

Kemerdekaan Republik Indonesia sejak 72 tahun lalu, diketahui oleh ribuan amatir radio sedunia, melalui " Special Event HUT RI ke 72, YB72RI" yang berlangsung pada tanggal 01 hingga 17 agustus 2017. Sebanyak 86 ribu amatir radio sedunia chek-in melalui radio HF pada semua band dan mode yang dipancarkan melalui stasiun YB72RI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan call sign YB72RI/0 hingga YB72RI/9.

 

Koordinator Call Area 8 Ir.H.Arfan Tualle - YB8DKL / kepala bidang operasi dan tekhnik orari daerah 8 Sulawesi Selatan . dibantu Andi Muh Yauri - YC8AO / kepala bagian diklat dan pembinaan anggota Orari Daerah 8 Sulawesi Selatan. yang mendapat amanah dari Orari Pusat, tidak hanya menyampaikan antusias amatir indonesia ke negara lain, tapi juga menyampaikan, kalau tepat 17 agustus adalah hari kemerdekaan RI yang ke 72 tahun,hingga Dari jumlah QSO yang masuk, Call Area 8 menempati rangking 3 dari semua call area di Indonesia.

 

 

 

Pencapaian QSO juga sangat mengesankan, karena mampu menggait 10.708 stasiun yang check in pada YB72RI di area 8 pada band freqwensi HF mode SSB, digital, dan CW.

 

Amatir yang check in berasal dari 115 negara termasuk Indonesia, Jumlah yang luar biasa dari acara Special Event sebelumnya, karena hanya berlangsung 17 hari namun hasilnya cukup memuaskan.

 

Operator sebagai ujung tombak kegiatan ini memancar menggunakan call sign YB72RI/8 /area 8. berasal dari Orari Daerah Sulawesi selatan, sulawesi utara, Gorontalo, Sulawesi tengah, Sulawesi tenggara, dengan memancar pada HF hi-band, low-band, dan WARC dengan mode SSB, RTTY, PSK31, PSK63, JT65, dan CW.

 

Semua operator diberi surat tugas dari ordanya masing-masing dan memancar dengan menggunakan log elektronik untuk mencatat jumlah stasiun yang check-in seperti log N1MM, HRDLog, dan MiXW.

 

" Semangat kuat para operator membawa hasil yang menempatkan kita pada rangking 3 dari semua call area di Indonesia untuk jumlah QSO yang masuk" ujar Arfan, jumat sore /18/08/2017. kepada Humas Orda Sulsel, melalui ponselnya. /har.

 

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top