Home | Event | ORARI PARTISIPASI DALAM FESTIVAL PESTA LAUT MAPPANRETASI 2017
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
ORARI PARTISIPASI DALAM FESTIVAL PESTA LAUT MAPPANRETASI 2017

Mappanretasi (bahasa Bugis Mappanre dan Tasi, (Indonesia) memberi makan laut) atau lebih dikenal dengan Pesta Laut atau Pesta Pantai, adalah sebuah festival adat suku Bugis yang diturunkan secara turun-temurun] dan dilaksanakan setiap bulan Aprildi Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Festival yang dikelola oleh Pemda setempat, Dinas Pariwisata, dan Lembaga Adat  Ogi ini dihadiri oleh Bupati, Kapolres, dan seluruh unsur Muspida. Mappanretasi  merupakan pelabuhan budaya bagi seluruh suku yang ada di kabupaten  Tanah Bumbu. Festival yang dilangsungkan selama tiga minggu di bulan April  ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa  atas rezeki yang dilimpahkan dari pantai Pagatan yang menjadi sumber utama  penghidupan masyarakat bugis Pagatan yang berprofesi sebagai nelayan. 

Proses pesta laut atau Mappanretasi di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,tahun 2017 telah dimulai. Ratusan kapal hias memenuhi laut Pagatan, sebagai bagian dari prosesi pesta laut. Sementara itu kapal hias yang membawa tim Mappanretasi Pagatan dan sekitar 400 kapal hias menggiring prosesi pesata adat Mappanretasi Pagatan. ORARI turut berpartisipasi dalam kegiatan ini  dengan mengikuti parade kapal hias sebanyak 5 (lima) kapal hias yang berbendera dan umbul-umbul logo ORARI.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Minggu (7/5) pagi ini akan menghadiri Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi di Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

 

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan, dari Pantai Pagatan, Presiden dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Batulicin, Tanah Bumbu untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

 

“Siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Banjarbaru, Kalimantan Selatan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85,” kata Bey dalam siaran persnya Minggu (7/5) pagi.

 

Dari Banjarbaru, menurut Bey, perjalanan dilanjutkan menuju Bajuin, Tanah Laut, Kalimantan Selatan dengan menggunakan kendaraan mobil.

 

“Di sini, Presiden akan menyerahkan hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan kemasyarakatan,” ungkap Bey.

 

Sore harinya, Presiden akan menyerahkan sertifikat tanah di Tambang Ulang, Tanah Laut.

 

Menurut Kepala Biro Pers Media dan Informasi Setpres itu, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan bermalam di Banjarmasin sebelum melanjutkan kunjungan ke Ternate, Maluku Utara pada esok harinya.


 


Lihat ...VIDEO ORARI PARTISIPASI DALAM FESTIVAL PESTA LAUT MAPPANRETASI 2017 

 

 

source: http://setkab.go.id/pagi-ini-presiden-jokowi-hadiri-puncak-budaya-maritim-pesta-laut-mappanretasi-di-tanah-bumbu/

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

SPECIAL CALL ZV8AR ARSATC VIA LAPAN ORARI A2 SATELLITE

Event
Tuesday, 2 May 2017 - 02:16 WIB

PELATIHAN DXING DAN CONTEST

Event
Tuesday, 21 March 2017 - 10:50 WIB