Home | Bidang Teknik | Panduan untuk Pemakai LOTW ARRL
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Panduan untuk Pemakai LOTW ARRL

Artikel berikut merupakan artikel yang ditulis oleh OM Donny Sirait- YB6LD/SK dan dikirimkan untuk OM Patri Adri Pamikiran-YC0RNC via email pada 28 Maret 2013, Panduan untuk Pemakai LOTW ARRL , semoga bermafaat dan Terima kasih OM Donny Sirait-YB6LD/SK, saat ini sudah beristirahat dalam Damai di alam sana.

Berikut ini langkah langkah untuk mendaftarkan diri menjadi pemakai LOTW ARRL

 

1. Buatlah photocopy dari IAR kita yang masih berlaku serta identitas diri yang sesuai dengan IAR terserbut salah satu seperti SIM /Lebih baik karena ada keterangan dalam bahasa Inggris. atau Passport atau KTP. Ingat jika anda mempunyai KTP ganda pergunakan KTP atau alamat SIM yang sesuai dengan IAR anda.

2. Kirimlah kedua photocopy tersebut /copy dari IAR dan copy dari identitas diri. ke Alamat ARRL sebagai berikut:

ARRL LoTW Administrator

225 Main St.

Newington, CT 06111

USA

 

3. Download /unduh. file TQSL versi 1,13 pada alamat ini:

http://www.arrl.org/files/file/LoTW Instructions/tqsl-113.zip

Untuk pemakai Mac dan Linux silahkan download /unduh. sesuai dengan OS anda yang ada pada alamat:

http://www.arrl.org/instructions

4. Unzip file yang di unduh /download. tersebut dan install di komputer anda.

5. Setelah di install akan terdapat dua buah program dengan shortcutnya di desktop anda yaitu TQSL dan TQSLCERT

6. Untuk membuat aplikasi /permintaan. certificate click ganda icon TQSLcert, dan kemudian pilih menu file, New certificate request.

7. Pada response pertama, yang muncul pada dasarnya bersifat informatif saja, yang perlu anda lakukan adalah mengclick button next.

8. Kemuidan pada response berikutnya masukkan data data sebagai berikut

a. Callsign anda saat ini /identfikasi lain seperti protable contoh YB6LD/1 tidak diperkenankan jadi hanya callsign saja.

b. Pilih DXCC entity sesuai dengan entitiy anda dalam hal ini Indonesia

c. Masukkan tanggal mulainya QSO anda mempergunakan callsign yang anda masukkan ini, logikanya adalah tanggal ketika anda menerima IAR anda untuk Callsign ini /jika anda sudah melakukan kegiatan dxing sewaktu anda memakai callsign yang lain maka anda harus meminta certificate untuk callsign tersebut setelah certificate yang sedang anda ajukan sudah di approve. contoh callsign anda sekrang YB6LD sedangkan anda sudah melakukan kegiatan dxing sewaktu callsign anda YC6LD maka prosedurnya adalah meminta certificate untuk YB6LD baru kemudian nanti setelah certificate untuk YB6LD sudah diapprove baru meminta certificate baru untuk YC6LD.... hal ini akan saya jelaskan pada bahagian lain setelah ini..

d. Karena callsign yang anda masukkan saat ini adalah yang berlaku maka untuk tanggal berakhirnya QSO harus dikosongkan.

 

Setelah itu click button next.

9. Kemudian akan muncul response yang meminta data lain tentang diri anda dan silahkan isi dengan petunjuk berikut ini:

a. Name: Isi sesuai dengan nama anda yang ada pada IAR anda

b. Address: Isi sesuai dengan alamat IAR anda /tentunya juga dengan KTP atau SIM.

c. City: Isi sesuai dengan kota pada IAR anda

e. State: Boleh dikosongkan

f. ZIP: Isi sesuai dengan kode pos anda

g. Country: Isi dengan Indonesia

 

Kemuidan click next button

10. Response berikutnya akan meminta alamat e-mail anda, isilah sesuai dengan alamat e-mail anda yang berlaku. Pastikan alamat e-mail ini adalah alamat yang terpercaya /yang kelangsungannya dapat dipertanggungjawabkan., dan juga yang dapat menerima attachment karena kepada alamat inilah arrl/LOTW akan membalas permintaan certificate anda. Setelah itu click next button.

11. Response berikutnya adalah opsi jika anda mempergunakan komputer publik seperti warnet atau komputer orang lain. Isi dengan password yang anda pilih /2 kali. INGAT JIKA ANDA LUPA AKAN PASSWORD TERSEBUT MAKA TIDAK ADA YANG DAPAT MENOLONG ANDA DAN ANDA HARUS MEMINTA CERTIFICATE YANG BARU /SEPERTI LANGKAH DIATAS DENGAN TAMBAHAN MEMBERIKAN KETERANGAN KEPADA LOTW KENAPA ANDA HARUS MEMINTA CERTIFICATE YANG SAMA SEKALI BARU.. Karena itu jika anda mengisi password disini ingat baik baik password itu atau anda akan terlibat dalam proses yang tidak perlu dan terutama anda akan diomelin /atau paling tidak di grutuin secara diam diam oleh orang LOTW, bayangkan mereka harus mengurus ratus ribu orang dan anda menambah kerjaan mereka kaerna kesalahan anda sendiri /hal ini sudah diperingatkan pada response tersebut.

 

click next...

12. Kemudian response berikutnya akan muncul opsi untuk signed atau unsigned, untuk ini karena ini adalah request /permintaan. untuk certificate yang baru maka anda perlu mencontreng unsigned.

click next

13. Maka kemudian anda akan diminta tempat dimana anda akan menyimpan certificate request tersebut. Biasanya callsign anda akan muncul pada nama file yang akan disimpan /contoh YB6LD.tq5. jika tidak maka isilah sesuai dengan callsign anda yang barusan anda isikan dan diakhiri dengan extension tq5. Program di LOTW akan mengenali file dengan extension tq5 sebagai certificate request. Setelah anda mengclick save maka pada folder yang anda pilih akan terdapat file certificate request yang dimaksud.

14. Jika anda telah mengikuti perosedur diatas dengan benar maka akan muncul pada layar program tQSL cert suatu sub folder dengan callsign anda dan entity nya /Indonesia. dengan tanda lingkaran merah yang dicoreng miring didepan callsign anda tersebut /seperti rambu lalu lintas dilarang parkir tanpa huruf "P"nya..

15. Akan muncul response pemberitahuan bahwa file tq5 anda sudah tersimpan pada folder di komputer anda dan alamat pengiriman file tersebut yaitu lotw-logs@arrl.org. /Bagi pengguna windows vista maka anda harus membolehkan compatibility files diperlihatkan, click icon compatibility files tersebut dan ia akan berubah menjadi icon burn dan barulah anda akan dapat melihat file certificate request anda tersebut..

16. Buatlah sebuah e-mail yang dialamat kan ke lotw-logs@arrl.org dan lampirkan file tq5 anda tersebut, kemudian kirim.

 

17. Atau anda boleh mengirimnya dengan pergi ke url berikut ini dengan browser anda:

https://p1k.arrl.org/lotw/upload

Jika anda mencoba untuk mengupload file tersebut dari warnet maka copy file tq5 tersebut di flash disk dan pada halaman LOTW tersebut click browse dan tujukan kepada file yang anda simpan di flash disk tersebut atau jika dirumah pada foleder dimana anda menyimpan file tersebut dan kemudian click "Upload file"

18. Tugas anda sudah selesai untuk saat ini dan yang dapat anda lakukan adalah menunggu di inbox e-mail anda apakah LOTW sudah mengirimkan file balasannya yaitu file dengan callsign anda dengan extension tq6 contoh YB6LD.tq6

19. Setelah ARRL/LOTW menerima certificate request and dan mencocokkannya dengan dokumen yang anda kirim maka mereka akan mengirimkan kepada anda sebuah file dengan callsign anda dengan extension tq6 seperti contoh diatas.

20. Setelah mereka /ARRL/LOTW. mengirimkan file tersebut sebagai attachement ke alamat e-mail anda maka unduhlah file tq6 tersebut dan simpan di folder yang sama dimana anda menyimpan file tq5 sebelumnya. Saya menyarankan anda membuat folder dengan nama LOTW atau EDXCC sebagai nama folder sehingga anda tidak sulit untuk mencari file file yang anda perlukan. Pada e-mail tersebut ARRL/LOTW akan juga menyertakan username /callsign anda. dan password anda untuk dapat login ke halaman LOTW.

21. Jalankan program tQSL cert

22. Pilih menu file, load certificate

23. Arahkan ke file tq6 yang baru anda simpan tersebut dan jika anda menerima response "Certificate or private key not found" click "OK" saja.

24. Jika prosedur yang anda lakukan benar maka tanda lingkaran merah yang dislash tersebut pada subfolder layar program tQSL cert akan berubah menjadi pita emas yang berarti proses certificate anda sudah berhasil sempurna.

25.Langkah terakhir yang anda harus lakukan adalah untuk menyimpan file certificate yang sudah sempurna tersebut dengan cara:

a. click sekali pada callsign anda tersebut kemudian click menu certificate, save dan pilih tempat dimana anda akan menyimpan file certificate tersebut, saya sarankan ke folder LOTW atau EDXCC seperti contoh yang saya berikan diatas. File yang tersimpan akan bernama callsign.p12, contohnya YB6LD.p12. 

b. Buat backup dari file p12 tersebut pada tempat selain komputer anda agar jika sesewaktu komputer anda mengalami crash dan semua data hilang maka anda masih dapat mengembalikan data certificate anda dengan menjalankan program tQSL cert dan mengupload file p12 anda tersebut dan semua data akan kembali.

 

 

Proses memperoleh certificate sudah selesai sekarang bagaimana jika seperti yang saya sebutkan tadi diatas bahwa anda punya callsign yang lama atau sekrang telah memperoleh callsign yang baru karena naik tingkat? Maka berikut ini adalah langkah tambahan yang harus anda lakukan.

1. Jalankan program tQSL cert kemudian click file, New certificate request.

2. Ikuti langkah diatas seperti meminta certificate awal kecuali tentunya callsign, QSO begin date, QSO date ends diisi dengan tanggal yang sesuai dengan callsign anda tersebut. Kemudian pada contrengan "signed" dan "Unsigned" contrenglah "signed" karena anda telah memperoleh certificate yang sudah valid.

2. Kirim file tq5 tersebut kealamat yang sama dan tunggu file tq6 nya. Setelah file tq6nya diterima ikuti proses upload certificate pada program tQSL cert tersebut maka jika anda sudah melakukannya dengan benar maka pada halaman program tQSL cert akan muncul dua buah callsign yaitu callsign anda yang saat ini dan yang lama atau yang baru.

INGAT PROSES INI BARU TAHAP MEMPEROLEH CERTIFICATE DARI ARRL/LOTW, TAHAP BERIKUTNYA ADALAH UNTUK MENSIGN /MENGOTENTIFIKASIKAN. LOG ANDA DAN MENGUPLOADNYA KE LOTW DENGAN PROGRAM TQSL.

Perlu diingat bahwa LOTW hanya menerima file yang sudah disigned dengan certificate yang valid /alias masih berlaku. karena itu anda perlu melihat dan mengingat masa berlakunya certificate anda dan memperbaharuinya sebelum certificate tersebut expire.

Cara untuk mengetahui kapan tanggal certificate anda tersebut berakhir dapat dilakukan dengan cara menjalankan program tQSL cert dan mengclick kanan callsign anda /baik yang lama maupun yang baru. maka akan muncul response yang memberikan pilihan "properties", "save", "delete" dan "renew". click lah pada properties maka anda akan melihat detailsnya, dan untuk memperbaharui click pula pada renew.

Proses renew cukup sederhana yaitu mengirimkan file yang dibuat ke LOTW kembali dan mereka akan mengirimkan file balasan yang harus anda upload kembali sebagai certificate yang masa berlakunya telah diperbaharui.

 

 

Sebelum anda mensign logsheet anda maka anda harus mengisi data tentang lokasi anda pada program TQSL anda sebagai berikut:

1. Jalankan program TQSL

2. Click menu "Station", "Add Location"

3. Jika anda sudah mempunyai certificate untuk beberapa callsign maka pilihlah callsign yang anda ingin diisi datanya.

4. DXCC entity "Indonesia" sudah terisi disana dan tidak perlu diganggu gugat.

5. Grid Square: isikan sesuai grid locator anda

6. ITU Zone: Isikan sesuai dengan ITU Zone kita untuk Indonesia ada 2, isi yang sesuai dengan daerah anda

7. CQ Zone: Isikan sesuai dengan CQ Zone Indonesia yaitu 28

8. IOTA ID: Isikan sesuai dengan IOTA ID dimana anda berada contoh YB6LD sumatra IOTA ID: OC-143

9. Click next

10. Langkah terakhir adalah memberikan nama untuk data yang telah di isi tersebut kebanyakan adalah Home /alamat kita. Hal ini berguna jika kita nantinya bekerja portable.

11. Jika anda punya lebih dari satu callsign yang bersertifikat maka isi juga data untuk callsign tersebut.

 

 

SEKARANG BAGAIMANA CARA UNTUK MENSIGN FILE LOGSHEET KITA?

1. Perlu diingat juga bahwa format file yang diterima oleh LOTW adalah ADIF /Amateur radio Data Interchange Format. dan Cabrillo yaitu format yang sering dipakai untuk kontes international. Kedua file ini jika telah disign dengan program TQSL dapat di upload ke LOTW.

2. Setelah anda menyiapkan file ADIF dan Cabrillo tersebut /tentukan format penamaan file anda supaya gampang mengidentifikasikannya, contoh YB6LD001.adi 001 file selanjutnya 002 dst atau juga YB6LD001.cab atau cara lain yang mempermudah anda untuk mengetahui file mana yang terakhir., simpanlah di folder LOTW atau EDXCC yang telah anda buat sebelumnya.

3. Jalankan program TQSL dan click menu "file" dan "sign existing ADIF or Cabrillo file".

4. Pilih callsign dan lokasi darimana logsheet anda tersebut bekerja /umumnya adalah callsign, home. dan click "OK"

5. Maka anda akan diminta nama file yang akan disign. Arahkan ke file yang akan disign tersebut, dalam contoh diatas misalnya ke YB6LD001.adi kemudian click "Open"

6. Kemudian anda akan diminta tempat dimana anda akan menyimpan file dengan extension tq8 tersebut. Saya selalu memilih folder LOTW atau EDXCC yang telah saya buat tersebut agar mudah mencarinya. Berikan nama file yang sesuai, sebaiknya dengan identifikasi tanggal atau masa rentang QSO yang telah dibuat contoh YB6LD 03001210.tq8 dalam contoh ini saya /YB6LD. mensign QSO yang mulai dari Maret 2000 sampai dengan Desember 2010. Anda boleh memberi nama sesuai dengan selera anda asal mudah untuk mengingat kembali apa isi file tersebut. bayangkan jika kita punya banyak sekali file yang di upload ke LOTW maka kita akan bingung file ini isinya apa dan itu isinya apa....

7. Program akan membuat file baru yang sesuai dengan nama yang telah kita buat dengan extension tq8 ditempat yang telah kita tentukan. File tq8 ini adalah file yang diterima LOTW sebagai logsheet yang telah di otentifikasikan.

8. Anda akan diminta kembali untuk memverifikasi callsign serta lokasi yang benar untuk logsheet /file. tersebut dan kemudian diminta untuk memberikan tanggal mulai dan berakhir QSO yang sebaiknya di biarkan kosong saja.

9. Anda akan melihat program tersebut sedang mengkonversi data file anda /jika banyak sekali. dan kemudian memberitahukan bahwa file sudah siap untuk diupload.

 

 

LANGKAH TERAKHIR ADALAH MENGUPLOAD FILE TQ8 KITA KE LOTW.

Setelah file tq8 kita selesai dikerjakan oleh program TQSL maka kita sudah siap untuk mengupload file kita ke LOTW sebagai berikut:

1. Masuk ke internet dan jalankan browser anda

2. Login lah ke LOTW pada alamat berikut ini:

https://p1k.arrl.org/lotwuser/default

3. Pergunakan username /biasanya callsign anda sesuai e-mail dari arrl. dan password yang telah di kirimkan oleh ARRL sewaktu mereka mengirimkan file tq6 anda.

4. Jika anda kurang suka denagn password tersebut silahkan untuk menggantinya di menu accout di halaman tersebut.

5. Pilih menu upload file dan akan muncul halaman untuk meminta nama file yang ingin diupload. Arahkan ke file yang ingin kita upload tadi, dengan mengclick button browse.

6. Setelah nama file terpampang maka clicklah upload dan tunggu prosesnya sampai selesai.

7. Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul response dari halaman web bahwa file telah siap untuk diproses, dan kita tinggal menunggu data kita muncul disana.

8. Jika muncul pesan "[FILE] does not appear to be a TrustedQSL file! Processing aborted" maka file yang kita coba upload bukan file yang sesuai. Periksa lagi dan pastikan kemudian ulangi prosedurnya.

Demikian secara singkat cara mengupload file logsheet kita ke LOTW. Memang kelihatannya rumit tetapi jika kita menjalankannya maka pada prakteknya prosedur tersebut diatas sangatlah sederhana.

Memang masih banyak fitur yang ada di LOTW yang belum disinggun disini dan mungkin akan saya paparkan di keempatan lain seperti mempergunakan QSO yang telah di konfirmasi untuk DXCC credit dan bagaimana masalah costnya.

Untuk cost kita tidak dipungut bayaran kecuali ketika kita hendak memakai data tersebut untuk mengclaim DXCC credits yang dibebankan sejumlah credit yang kita pakai, tetapi tentunya kita dapat membeli credit melebihi dari yang kita butuhkan.

Terima kasih untuk perhatian anda dan selamat mencoba.

 

 

vy 73 de YB6LD

Donny Sirait 

/28 Maret 2013 Almarhum mengirim materi ini ke saya dan langsung saya tindaklanjuti, Terima kasih OM Donny, saat ini sudah beristirahat dalam Damai di alam sana..

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top