Home | Berita | GEMPA 5,5SR Guncang Padang SumBar
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
GEMPA 5,5SR Guncang Padang SumBar

KBRN, Kota Padang : Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 Skala Richer (SR) mengguncang Kota Padang, Senin (9/1/2017) pukul 18:26WIB. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat, pusat gempa berada di laut pada kedalaman 17 km dengan pusat gempa 64 km barat laut Pesisir Selatan atau 83 km barat daya Kota Padang Sumatera Barat. Sumber gempa berasal dari zona subduksi lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Gempa sempat membuat warga di Kecamatan Kuranji, Kota Padang panik. Warga panik dan berhamburan ke luar rumah dan gedung. Guncangan gempa terasa kuat dirasakan warga selama 5-10 detik apalagi gempa berguncang saat warga hendak melaksanakan Shalat Magrib. Namun, aktivitas warga kembali normal.

 

Berdasarkan pantauan Radio Republik Indonesia, setelah gempa, ada warga yang melanjutkan untuk shalat, ada juga warga yang berjaga-jaga di luar rumah. Selain itu, listrik dipadamkan. Radio Republik Indonesia melakukan pemantauan di Kecamatan Kuranji, tidak ada bangunan atau rumah yang rusak akibat gempa.

 

Berdasarkan keterangan tertulis dari BNPB, selain  di Kota Padang,  guncangan gempa keras juga dirasakan di Pesisir Selatan dan Muko-Muko (Bengkulu).  Di Muko-muko dilaporkan gempa dirasakan mengayun secara horisontal selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan hingga sedang di Solok, Pariaman, Padang Pariaman. Gempa susulan dengan intensitas ringan dirasakan oleh masyarakat. Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan.  

 

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa dirasakan dari USGS (Badan Geologi Amerika) intensitas gempa dirasakan di Kota Padang, Pesisir Selatan dan Muko-Muko IV MMI (ringan).  Bahkan daerah terdekat dengan pusat gempa intensitasnya ringan hingga sedang. Mengacu pada peta guncangan gempa dirasakan tersebut diprediksikan tidak ada kerusakan bangunan yang masif dari gempa. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI. (Sgd/Dodik/DS)

 

source;

http://rri.co.id/post/berita/347090/daerah/gempa_55_sr_warga_kota_padang_sempat_panik_berhamburan_keluar_rumah.html

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

GEMPA Sukabumi

Berita
Monday, 12 June 2017 - 03:09 WIB

ORARI DUKOM BANJIR KOTA BIMA-NTB

Berita
Tuesday, 3 January 2017 - 12:51 WIB