Home | Berita | ORARI BANTU PEMKAB BANYUASIN DETEKSI DINI TITIK API
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
ORARI BANTU PEMKAB BANYUASIN DETEKSI DINI TITIK API

Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Banyuasin adalah salah satu pihak yang terlibat dalam tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

ORARI BANTU PEMKAB BANYUASIN DETEKSI DINI TITIK API

 

Sejak masuk ke dalam tim, ORARI telah banyak berperan dalam memantau potensi karhutla di wilayah Kabupaten Banyuasin. Seringkali anggota ORARI yang dipimpin oleh Robby Sandes – YD4IRS ini, memberikan peringatan dini kepada tim yang berada dilapangan tentang adanya kemungkinan titik api di suatu tempat.

“Dengan teknologi yang kami punya, kita mencoba untuk mendeteksi titik panas secara dini, jika terpantau maka kita kabarkan tim ada dilapangan untuk dilakukan ground check.” jelasnya.sebaran asap

Pemantauan titik panas dilakukan dengan bantuan hasil deteksi satelit MODIS dan VIIRS yang dikeluarkan oleh Fire Information for Resource Management System (FIRMS), data tersebut dibandingkan dengan hasil pantauan langsung beberapa satelit cuaca seperti NOAA dan METEOR M2.

“Kita juga mengmbil data kondisi cuaca dari satelit cuaca seperti NOAA 15, 18 dan 19 yang melintas hampir setiap 4 jam sekali diatas wilayah pulau Sumatera. Kita juga capture gambar dari satelit METEOR M2 milik Rusia yang resolusi gambarnya cukup tinggi dengan harapan jika terjadi kebakaran dapat terlihat sebaran asapnya.” imbuhnya lagi.

Beruntung sejauh ini titik panas yang terdeteksi masih terbilang sedikit karena masih adanya hujan dibeberapa wilayah dan beberapa titik panas yang tepantau dapat segera diketahui sumber panas tersebut. Titik panas yang terdeteksi tidak hanya dari sesuatu yang terbakar melainkan juga dapat dari cerobong asap pabrik.

 

“Jadi kalau kita sudah dapat koordinat titik panasnya lalu kita sampaikan ke tim di lapangan, kalau titik tersebut telah diketahui ada sumber panas misalnya cerobong asap atau yang lain maka dianggap clear, jika tidak maka tim segera melakukan ground check langsung ke titik koordinat yang kita berikan. Sebenarnya data titik panas kita dapatkan dari BMKG Sumatera Selatan, namun biasanya data tersebut dikeluarkan keesokan hari, jadi kami dari ORARI hanya mempercepatnya saja sehingga titik panas yang terjadi langsung diketahui di hari yang sama.” pungkasnya.

 

 

source:http://humas.banyuasinkab.go.id/2016/06/09/orari-bantu-pemkab-banyuasin-deteksi-dini-titik-api/?fb_ref=Default

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

MUSDA ORARI Daerah Banten ke IV

Berita
Sunday, 15 May 2016 - 15:33 WIB

Gempa Bumi Berkekuatan 7,8 SR Guncang Mentawai, Sumbar

Berita
Wednesday, 2 March 2016 - 05:14 WIB