Home | Berita | Dikirim ke India Minggu Depan, Begini Persiapan Peluncuran Lapan A2
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Begini Persiapan Peluncuran Lapan A2 Begini Persiapan Peluncuran Lapan A2

Jakarta - September mendatang, satelit pertama buatan Indonesia Lapan A2/Orari akand diluncurkan di India. Sejumlah persiapan dilakukan termasuk menyiapkan kontainer untuk mengirim satelit tersebut.

Satelit Lapan A2/Orari dengan bobot 78 kg rencananya akan diluncurkan di India pada akhir September mendatang. Setelah melakukan serangkaian tes untuk memastikan fungsi satelit berjalan dengan baik, kini pihak LAPAN bekerja mempersiapankan pengirimannya ke India.

"Satelit akan kami kirim ke India dengan memasukkannya ke dalam kontainer dan berangkat dengan pesawat," kata Kepala Pustek Lapan Rancabungur, Suhermanto di kantor LAPAN Rancabungur, Bogor, Kamis (27/8/2015).

Hermanto lantas memperlihatkan boks kontainer yang akan digunakan mengirim satelit berbentuk kotak tersebut. Boks berwarna biru yang terbuat dari aluminium itu diletakkan garasi belakang gedung utama kantor LAPAN. Beberapa pekerja saat itu sedang sibuk mempersiapkan boks tersebut.

Senior Engineer tim Lapan A2/Orari, M Farid Huzain menjelaskan di bagian bawah boks tersebut dibuat lubang untuk memasukkan gas nitrogen yang akan menjaga temperatur udara satelit itu selama pengiriman. Dalam boks itu juga nanti disertakan perekam data perjalanan selama pengiriman. selain itu akan ditempatkan 5 sensor getar sumbu X, Y dan Z, sensor temperator dan humiditi (kelembapan udara)

"Kita kontrol suhu dan kekeringan dan ground support equipment. Kalau dari sisi elekktronik, ada uji fungsional setelah perjalanan jauh," kata Farid.

Bagian atas boks itu disertakan batang yang juga terbuat dari aluminium dan pengait untuk ditarik dengan crane. Kontainer ini pun dibuat sendiri oleh para teknisi LAPAN.

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

Gallery JBFD 2017

Berita
Wednesday, 26 April 2017 - 03:25 WIB

ORARI KEMBALI DIKENAL PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Berita
Monday, 1 August 2016 - 16:31 WIB