Home | Berita | Monitor Bencana & Perairan, LAPAN akan Luncurkan 2 Satelit Baru
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Monitor Bencana & Perairan, LAPAN akan Luncurkan 2 Satelit Baru

Bogor - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berencana meluncurkan 2 satelit baru untuk melakukan pengembangan kapasitas penyediaan data bencana dan monitoring pertanian dan perairan. Dijadwalkan, peluncuran dilakukan di India mulai pertengahan Juni 2013.

Saat ini, ada dua jenis satelit yang tengah dikembangkan oleh LAPAN yakni jenis LAPAN A2/Orari dan LAPAN A3\/IPB. Satelit ini tengah dikembangkan di Laboratorion LAPAN di Kecamatan Ranca Bungur, Kabupaten Bogor dan sudah mencapai 95 persen.

Satelit LAPAN A2/Orari ini dilengkapi dengan voice repeater. Nantinya, jika bencana terjadi para tim penyelamat tidak akan lagi terkendala oleh komunikasi. "Tadinya akan diluncurkan tahun ini, karena ada beberapa kendala sehingga akan diluncurkan tahun depan," kata Deputy of Aerospace Technology LAPAN, Prof, Dr, Ing. Soewarto Hardhienata kepada para wartawan di Hotel Salak, Jalan Juanda Bogor, Jabar, Senin (26/06/2012).

Sementara untuk satelit LAPAN A3/IPB, berfungsi untuk mengamati permukaan bumi yang nantinya akan mengirimkan data-data tentang bencana yang terjadi. Satelit Lapan A3\/IPB ini juga bisa untuk mengamati perkembangan lahan pertanian. Satelit ini akan diluncurkan setelah satelit A2 yakni pada tahun 2014.

"Kedua satelit ini juga bisa memonitoring kapal-kapal yang berlayar di perairan Indonesia," sambung Soewarto.

Kedua satelit yang akan diluncurkan LAPAN sendiri merupakan satelit buatan anak bangsa, namun karena keterbatasan teknologi di Indonesia, proses peluncuran akan dilakukan di India. "Alhamdulilah satelit ini buatan anak bangsa kita," jelas Soewarto

Selain dua satelit yang akan diluncurkan, LAPAN juga tengah mengembangkan pesawat tanpa awak guna menjangkau lokasi-lokasi bencana yang sulit ditempuh. Pesawat tanpa awak ini sudah dilakukan percobaan yakni pada pantauan pasca letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah. "Waktu itu kita coba untuk memotret gambar di puncak merapi pesawat tanpa awak ini," imbuhnya.

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

ORARI KEMBALI DIKENAL PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Berita
Monday, 1 August 2016 - 16:31 WIB

Satelit LAPAN-A2 Sampai di Orbit, Siap Jadi 'Mata' Untuk Laut Indonesia

Berita
Monday, 28 September 2015 - 09:00 WIB