Home | Berita | Kominfo: Sempat Ada Sinyal Telepon dari Korban Sukhoi
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Sukhoi Sukhoi

Jakarta - Kendati lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 sudah ditemukan, namun sampai saat ini sejumlah penumpang yang menjadi korban belum diketahui kabarnya. Padahal secerah harapan sempat muncul saat dikabarkan ada sinyal telepon yang bisa dihubungi.

"Sempat ada kabar ponsel telepon salah satu penumpang yang on. Kita dari Kominfo berencana akan menggunakan direction finder tadi pagi, namun batal karena kabar terakhir sinyal tersebut sudah hilang lagi," ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, Kamis (10/5/2012).

Menurut Gatot, bila rencana ini tidak gagal, direction finder akan dipakai bersama triangle setting yang akan dipasangkan di tiga titik lokasi -- dua di Gunung Salak, dan satu dengan posko terdekat. Alat ini pernah dipakai saat hilangnya pesawat Adam Air beberapa tahun lalu.

Direction finder tersebut sebetulnya ada dua, yang bersifat mobile dan yang besar. Rencananya, direction finder tersebut akan dipakai yang besar, bentuknya sendiri seperti pistol AK-46.

"Direction finder itu untuk pencari sinyal. Sedangkan triangle setting itu berupa mobil di tiga lokasi terpisah untuk mencari satu sinyal tertentu," tandasnya.

Walaupun belum sempat dipakai, Kominfo berjanji akan terus standby bila pihak-pihak terkait membutuhkan bantuan dari pihaknya. Sejauh ini yang sudah dilakukan oleh Kominfo adalah koordinasi dengan RAPI dan ORARI, serta mengamankan jalur komunikasi radio di sekitar lokasi kejadian.

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

Gallery JBFD 2017

Berita
Wednesday, 26 April 2017 - 03:25 WIB

ORARI KEMBALI DIKENAL PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Berita
Monday, 1 August 2016 - 16:31 WIB