Home | Berita | Orari Diajak Simulasi Kebakaran di Novotel Bandung
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Kebakaran Novotel Kebakaran Novotel

Bandung - Simulasi Penanggulangan Kebakaran dan Teknik Evakuasi (Fire Drill Simulation) di Novotel Bandung, Jalan Cihampelas No 23-25, Selasa (25/11/2008) pagi tadi, akan dijadikan proyek percontohan untuk standar kompetensi bangunan bertingkat yang ada di Bandung.

"Saya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Novotel Bandung hari ini. Seharusnya semua hotel di Bandung melakukan hal semacam ini. Saat ini baru Novotel Bandung yang melakukan Fire Drill Simulation," kata Kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung Prijo Soebiandono saat ditemui di Novotel Bandung, Jalan Cihampelas No 23-25, Selasa (25/11/2008).

Menurut Prijo, setiap gedung bertingkat harus memiliki standar pengamanan kebakaran (fire protection) sesuai dengan UU No 28 tahun 2002 dan Kepmen PU No 15 tahun 2001 mengenai ketentuan teknis pengamanan terhadap bahaya pada gedung.

"Kegiatan simulasi ini yang pertama kalinya di Kota Bandung, terutama untuk Fire Drill Simulation pada gedung bertingkat. Namun untuk kegiatan internal kita sudah beberapa kali kita lakukan simulasi dan latihan semacam ini," ujar General Manajer Novotel Bandung Engkun Kurnia.

Engkun juga menambahkan bahwa pihaknya selalu rutin mengecek peralatan pemadam kebakaran dan latihan antipasi kebakaran.

"Ada sekitar 15 orang dalam tim fire brigade Novotel Bandung. Minimal 3 bulan sekali kita latihan dan kita rutin cek alat-alat pemadam kebakaran," pungkas Engkun.

Dalam simulasi kali ini, tidak hanya melibatkan tim Fire Brigade atau Emergency Response Team Novotel Bandung berserta Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung saja, tapi turut pula melibatkan Damkar Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, relawan Damkar Kota Bandung, unsur pramuka dan Orari serta LSM Damai Bandung Bersatu (Demak).

Selain itu, sebagai tim pendukung ada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung dan Rumah Sakit Bersalin Hermina. Hadir pula Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda dalam acara tersebut.

"Saya berterima kasih atas inisiatif manajemen Novotel Bandung untuk mengadakan simulasi kebakaran ini," kata Ayi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pendidikan Fire Safety Building Manager yang telah diadakan sebelumnya. Juga untuk mempraktekan prosedur operasi manajemen sistem penanggulangan kebakaran gedung Novotel Bandung.

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Gedung Prasada Sasana Karya
Jl. Suryopranoto No. 8 - Jakarta 10130
Telp. : +62 21 6326788
Fax. : +62 21 6326785
Email : hq@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat
ORARI is a member of International Amateur Radio Union Region 3
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

ORARI KEMBALI DIKENAL PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Berita
Monday, 1 August 2016 - 16:31 WIB

Satelit LAPAN-A2 Sampai di Orbit, Siap Jadi 'Mata' Untuk Laut Indonesia

Berita
Monday, 28 September 2015 - 09:00 WIB